PADAMKAN KEBAKARAN LAHAN DI RIMBO PANJANG

Bucket Air Helikopter Sikorsky Jatuh


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:44:48 WIB
Bucket Air Helikopter Sikorsky Jatuh TERLIHAT BUCKET (WARNA ORANGE) DAN TALINYA BERADA DI LAHAN YANG TERBAKAR SETELAH PUTUS DARI HELIKOPTER SIKORSKY, DI RIMBO PANJANG, PROV RIAU, JUMAT (7/10).

PEKANBARU, HALUAN —  Bucket (ember,red) yang biasa digunakan mengangkut air dengan helikopter waterbombing (bom air), tiba-tiba lepas dan jatuh dari udara saat helikopter Sikorsky melakukan pemadaman lahan di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (7/10) siang.

Beruntung bucket berka­pasitas empat ton ini tidak menimpa regu darat, yang juga melakukan pemadaman di bawah.

Menurut informasi yang diperoleh mengatakan, peris­tiwa tersebut terjadi diduga akibat tali tempat ember digan­tung tak kuat menahan beban. “Satu tim kita sedang mela­kukan investigasi sekaligus mengambil bucket,” kata Kadis Ops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel Pnb Yani Amirullah.

Dikatakannya, setiap pesa­wat yang terbang dari Lanud (Pangkalan Udara) Roesmin Nurjadin selalu dilakukan pe­nge­cekan. “Kita akan evaluasi kembali dan menanyakan ke­pada pilotnya,” ucapnya.

Sementara itu, Komandan Lanud, Marsma Henri Alfiandi menyebutkan, dari hasil inves­tigasi TNI-AU Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru sementara ini, bahwa bucket dengan ka­pasitas tampung air sebanyak empat ton itu bukan terjatuh, melainkan sengaja dilepaskan oleh pilot, lantaran tiupan angin saat itu tidak memungkinkan.

“Pilot mengambil kepu­tusan untuk merelease bumbi bucket sesuai prosedur pada posisi aman, mengingat kondisi angin di lokasi tidak memung­kinkan untuk melaksanakan misi dengan alasan safety,” ujar Henri Alfiandi.

Dilanjutkannya, setelah posisi bumbi bucket diketahui, kemudian pilot memutuskan mendarat (helikopter, red) di lokasi sekitar, untuk me­mas­tikan tidak ada korban jatuhnya bumbi bucket. Setelah aman dan tidak ada korban jiwa, pilot terbang kembali ke homebase.

Setelah melaksanakan Post Flight, kondisi pesawat dan seluruh kru dipastikan aman dan normal. Sedangkan tim evakuasi sudah membawa buc­ket ini ke Lanud Roesmin Nurjadin. Ia juga memastikan, ada tiga unit bucket cadangan lainnya yang bisa digunakan.

Pantauan di lapangan me­nyebutkan, insiden lepasnya bucket helikopter Sikorsky itu persis saat melakukan misi pemadaman lahan yang ter­bakar di Rimbo Panjang, Ka­bupaten Kampar. Dalam bebe­rapa hari ini, Satgas Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) Riau memang fokus melakukan pemadaman api di kawasan Rimbo Panjang, agar api tidak meluas hingga berdampak pada munculnya asap.

Upaya ini dilakukan rutin, mulai pagi hingga petang oleh satgas gabungan, baik darat maupun udara. Saat melakukan bom air yang ke-51 kali, tiba-tiba bucket terjatuh dari udara. Beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini. (h/nas/net)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]