XL Hadirkan Layanan 3G U900


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:46:15 WIB
XL Hadirkan Layanan 3G U900

PADANG, HALUAN — Mulai Oktober 2016, PT XL Axiata Tbk menambahkan jaringan 3G baru memanfaatkan frekuensi 900 MHz. Pemanfaatan frekuensi yang lebih dikenal dengan U900 ini, diyakini akan meningkatkan kualitas layanan data dan suara menjadi lebih baik.

Pemanfaatan U900 itu ju­ga meningkatkan layanan ko­munikasi digital, antara lain penetrasi sinyal 3G yang lebih baik, khususnya dalam rua­ngan serta akses internet yang lebih stabil dan cepat dengan kecepatan hingga 21 Mbps.

“Penambahan layanan broadband di frekuensi 900 MHz ini, mencakup area yang sangat luas, hampir 6 kali dari luas cakupan jari­ngan 3G sebelumnya dengan kualitas sinyal 2 kali lebih ku­at saat berada di dalam rua­ngan (indoor),” ujar Vice Pre­siden XL West Region, Fran­cky Rinaldo didampingi Ge­ne­ral Manager Sales Ope­ra­tio­nal West Sumatra, Eka Dwi­dasa Kornia kepada war­ta­­wan di Padang, Jumat (7/10).

Implementasi U900 itu juga bisa meningkatkan kua­litas layanan internet cepat di area-area yang sebelumnya sudah mendapatkan layanan 3G. Dengan jangkauan sinyal yang lebih baik, kecepatan layanan data internet akan tetap tinggi bahkan untuk wilayah perbatasan.

Ia menjelaskan, untuk mendukung pemanfaatan frekuensi 900 MHZ di luar Jawa, XL akan membangun sekitar 11.000 BTS 3G, dari saat ini BTS 3G sebanyak 27.600 BTS yang beroperasi pada frekeunsi 2,1 GHz.

“Kami harus menye­suai­kan dengan kondisi pasar. Kita lihat situasinya, karena pengembangan layanan 3G ini menjadi menuju ke 4G,” tuturnya.

Di Sumbar, layanan XL sudah terjangkau di beberapa daerah yang sebelumnya tidak terjangkau, seperti daerah perbatasan Medan dan Sumbar yakni di Pasa­man, Jambi dan Sumbar, di Dharmasaraya.

“Selain itu, XL pernah berjaya waktu gempa 2009. Saat itu, XL menjadi satu-satunya saluran telekomu­nikasi yang jaringan yang tidak putus saat gempa. Ini menjadi keungulan sendiri bagi XL,” ucapnya.

Layanan 3G pada fre­kuen­si 900 MHz, Eka Dwi­da­sa, dapat meningkatkan laya­nan komunikasi digital, antara lain penetrasi sinyal 3G yang lebih baik, khu­susnya di dalam ruangan serta akses internet yang lebih stabil dan cepat dengan kece­patan hingga 21 Mbps. Ka­rena itu, melalui layanan U900, XL mendorong para pelanggan yang masih meng­gunakan jaringan 2G beralih ke 3G atau 4G yang memiliki kemampuan akses internet dan data lebih baik.

“Penerapan frekuensi 900 MHz lebih mudah di XL, karena kami sudah terapkan single Radio Acc­ess Network (RAN) untuk BTS. Jadi, pada 3G kami andalkan kapasitas meng­gunakan frekuensi 2,1 GHz dan cakupan dengan U900,” pungkasnya. (h/vie)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]aluan.com