PSI Lolos Verifikasi Kemenkumham


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:48:50 WIB
PSI Lolos Verifikasi Kemenkumham Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly (tengah) didampingi Staf Khusus M Nurdin (kiri) dan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Freddy Harris (kanan) memberi keterangan pers hasil verifikasi partai baru di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Jumat (7/10). (ANTARA)

JAKARTA, HALUAN — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dipimpin oleh Grace Natalie dinyatakan lolos verifikasi Ke­men­terian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Setelah dinyatakan lolos, partai yang mengklaim sebagai partai anak muda ini resmi ber­badan hukum.

Verifikasi dilakukan sejak 1 Agustus hingga 23 Sep­tember 2016. Ada empat par­tai yang diverifikasi, namun hanya PSI yang dinyatakan lolos.

"Dari hasil verifikasi itu hanya satu partai politik baru yang memenuhi syarat untuk memperoleh badan hukum, yaitu Partai Solidaritas In­donesia," kata Yasonna di Gedung Imigirasi, Jakarta, Jum'at (7/10).

PSI dinilai memenuhi Un­dang-undang Nomor 2 tahun 2011 tentang partai politik. Partai tersebut juga memenuhi peraturan Kemkumham no­mor 37 tahun 2015 tentang tata cara pendaftaran pen­dirian partai politik dan peru­bahan anggaran dasar rumah tangga serta pergantian kepe­ngurusan partai politik.

Sejak dibuka pendaftaran untuk partai politik baru, ada lima partai yang mendaftar ke Kemkumham. Selain PSI, em­pat partai lain adalah Partai Islam Damai Aman, Partai Rak­yat, Partai Rakyat Berdaulat dan Partai Kerja Rakyat In­donesia.

Empat partai yang tidak lolos terhambat pada tahap pertama yang dilakukan dari 1 - 15 Agustus lalu.

Untuk memenuhi UU No­mor 2 tahun 2011, partai po­litik harus memiliki ang­gota kepengurusan pada setiap provinsi paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota. Kemudian partai politik juga harus memiliki anggota kepengurusan paling sedikit 50% dari jumlah kecamatan pada kabupaten/kota.

Kemkumham sudah me­miliki laporan lengkap me­ngenai verifikasi partai ter­sebut. Laporan itu sudah dirampungkan dalam bentuk buku. Yasonna menyatakan buku itu terbuka untuk siapa saja yang mau melihat. Partai yang tidak terima dengan hasil survei bisa melihat buku itu.

Direktur Tata Negara Ke­menkumham Tehna Bana Site­pu menyatakan, Kemkumham siap bila ada partai yang tidak terima dan menggugat.

PSI sendiri adalah partai politik ke-73 yang berbadan hukum. Selanjutnya jika ingin ikut pemilu, PSI harus me­ngi­kuti aturan Komisi Pemilihan Umum. Pasalnya syarat untuk partai berbadan hukum de­ngan syarat untuk pemilu sangat berbeda. "73 partai itu belum tentu bisa ikut pemilu, syarat pemilu pasti lebih ketat," kata Ya­sonna.

Dalam situsnya PSI dike­tuai oleh bekas pembawaa cara berita televisi Grace Natalie. Sementara Sekretaris Jenderal partai ini adalah Raja Juli Antoni. (h/cnn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 23:51:52 WIB

    Wah..! Sekjen PSI Serukan Jegal Anies Baswedan Jadi Capres 2024

    Wah..! Sekjen PSI Serukan Jegal Anies Baswedan Jadi Capres 2024 JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengajak partai politik hingga masyarakat untuk menjegal Anies Baswedan maju dalam Pilpres 2024..
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 22:35:43 WIB

    Ahok Sindir 'Partai Kecil Ngomong Gede', Begini Respons PSI

    Ahok Sindir 'Partai Kecil Ngomong Gede', Begini Respons PSI JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merespons pernyataan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang bermuatan sindiran kepada partainya secara tidak langsung. Dalam acara Ngobrol Tempo dan peluncuran buku '.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:19:58 WIB

    Politikus PSI Suruh Anies Dialog dengan Banjir

    Politikus PSI Suruh Anies Dialog dengan Banjir JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mohamad Guntur Romli alias Gus Romli menyindir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal banjir yang kembali menggenang sejumlah wilayah di Jakarta..
  • Senin, 02 Desember 2019 - 08:55:05 WIB

    HRS Serukan Opsi Akhir Hukuman Mati untuk Penoda Agama

    HRS Serukan Opsi Akhir Hukuman Mati untuk Penoda Agama JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dalam sambutannya di Reuni 212, Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab menyoroti perilaku penodaan agama yang masih terjadi di Indonesia. Dia menyerukan kembali digelar Aksi Bela Islam berjilid-jilid j.
  • Kamis, 07 November 2019 - 11:20:49 WIB

    Faldo Maldini Benarkan Adanya Kader PSI Ramai-ramai Mundur

    Faldo Maldini Benarkan Adanya Kader PSI Ramai-ramai Mundur PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang digadang-gadang akan maju pada Pilgub Sumbar 2020, Faldo Maldini membenarkan adanya kader PSI yang mundur..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]