Buffon Blunder, Italia Bermain Imbang


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 02:50:35 WIB
Buffon Blunder, Italia Bermain Imbang BLUNDER Buffon dimanfaatkan oleh Vitolo untuk menciptakan gol.

TURIN, HALUAN — Italia dan Spanyol bermain imbang 1-1 dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa grup G di di Juventus Stadium, Jumat (7/10). Dalam laga ini kiper Italia Buffon melakukan blunder sehingga Spanyol bisa mencuri gol.

La Furia Roja tidak hanya me­menangi penguasaan bola, tetapi pemain mereka juga rajin menekan pemain-pemain Italia ketika tidak sedang menguasai bola. Spanyol baru bisa mencetak gol ke gawang Italia pada menit ke-55. Gol bermula dari umpan panjang yang dilepaskan oleh Sergio Busquets dari tengah lapangan. Umpan Busquets itu dikejar oleh Vitolo dan berniat untuk disapu oleh Buffon, yang maju meninggalkan gawangnya.

Namun, Buffon melakukan kesa­lahan. Ia gagal menyapu bola. Imbasnya, bola kemudian dikuasai oleh Vitolo dan kini gawang Italia tidak berpengawal. Vitolo dengan tenang melepaskan tendangan datar ke gawang yang sudah kosong.”Buffon adalah kiper yang luar biasa. Saya tidak mengira dia bakal melakukan kesalahan ini dan dia pun tidak menyangka saya bakal lolos,” ujar Vitolo kepada TVE seperti dikutip Football Italia.

Namun, menurut pemain Italia Daniele De Rossi, kesalahan seperti itu terbilang wajar. “Kiper terhebat sepanjang sejarah seperti Buffon bisa berbuat salah, itu wajar. Jika tidak, artinya dia terbuat dari mesin,” ujar De Rossi seperti dilansir Football Italia.

Wasit menunjuk titik putih setelah berdiskusi dengan hakim garis, menyusul pelanggaran yang dilakukan Sergio Ramos terhadap Eder pada menit 82. Para pemain Spanyol sempat memprotes keputusan tersebut. Namun, wasit tetap pada keputusannya. Daniele De Rossi maju menjadi algojo penalti dan sukses mengubah kedudukan menjadi 1-1.Tidak ada gol tambahan setelahnya.

Pelatih Spanyol, Julen Lopetegui, menyayangkan hasil seri yang didapat timnya melawan Italia. Lopetegui menilai Spanyol tampil lebih baik dan seharusnya bisa menang. “Kami me­mainkan permainan yang bagus dalam semua hal. Babak pertama yang sangat bagus dan sayang kami tidak bisa mengambil tiga poin. Ini adalah Italia, yang selalu punya kehidupan lain. Kami tidak bisa menghabisi pertandingan,” ujar Lopetegui seperti dikutip dari ESPN FC.

Satu poin yang didapat Italia dari laga melawan Spanyol disebut Giam­piero Ventura sebagai hasil yang bagus. Pelatih Italia itu juga memuji reaksi timnya. “Ini adalah hasil yang bagus, khususnya jika kami memper­tim­bangkan masalah fisik pemain kami dan kualitas Spanyol,” ujar Ventura seperti dikutip dari Soccerway. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:05:53 WIB

    Buffon Belum Habis

    Buffon Belum Habis LYON, HALUAN — Gianluigi Buffon memamerkan serangkaian aksi di bawah mistar gawang Juventus saat menghadapi Lyon di Liga Champions. Ia menyebutnya sebagai pembuktian tersendiri..
  • Jumat, 19 Agustus 2016 - 03:05:12 WIB

    Donnarumma Penerus Buffon

    Donnarumma Penerus Buffon Milan, Haluan — Soal siapa penerus Gianluigi Buffon di timnas, pelatih Italia Giampiero Ventura menunjuk kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma sebagai sosok yang cocok menggantikan Buffon. Buffon, 38 tahun, masih jadi andalan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]