Makanan Kadaluarsa Ditemukan di Sawahlunto


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:05:37 WIB
Makanan Kadaluarsa Ditemukan di Sawahlunto Tim monitoring makanan dan minuman dalam kemasan turun ke setiap pasar yang ada di Sawahlunto. Tim menemukan makanan kadaluarsa yang dijual. (RIKI YUHERMAN)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Sejumlah prod­uk makanan yang habis masa pema­kaiannya atau mendekati masa kadaluarsanya, terjaring oleh tim terpadu pada pemeriksaan yang dilakukan disejumlah toko dan mi­nimarket yang ada di empat Kecamatandi Kota Sawahlunto.

Tim terpadu yang terdiri dari bidang Per­dagangan Perindagkopnaker, Kepolisian, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan serta dari Badan Kesabangpol, turun memeriksa produk makanan dalam kemasan, memastikan produk makanan kemasan tersebut masih layak jual sesuai dengan masa kadaluarsanya.”Beberapa produk Biscuit, Susu kotak , makanan ringan , snack dan beberapa kemasan bumbu dapur, didapati sudah dan mendekati masa kadaluarsanya,” kata Ketua Tim Terpadu Erlinatis disela sela pemeriksaaan di Kecamatan Lembah Segar kepada Haluan kemarin.

Tim monitoring sebut Erlinatis, turun kela­pangan sebanyak tiga kali dalam setahun. Selain masa kadaluarsa sebutnya, juga dilakukan pe­me­riksaan terkait bahan yang terkandung didalam produk makanan tersebut, apakah produk tersebut memakai bahan pengawet atau bahan zat pewarna yang berbahaya. “Kita memberikan tenggat waktu seminggu kepada pedagang, jika belum ditarik maka tim akan melakukan eksekusi untuk disita dan diamanan.” katanya.

Dia menambahkan, pemeriksaan ini dilakukan secara persuasive, pihaknya juga melakukan pembinaan dan menyosialisasikan persyaratan makanan olahan yang layak konsumsi kepada para pelaku usaha. Tidak lain lanjutnya adalah untuk melindungi konsumen dari peredaran produk makan dan minuman kadaluarsa, serta me­minimalisasi produk yang belum dilengkapi izin PIRT. “Sesuai UU nomor 1999 tentang per­lindungan konsumen, konsumen memiliki hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindagkopnaker Sawahlunto Deswanda menghimbau kepada pedagang juga agar tidak menjual semua jenis makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa, serta makanan yang menggunakan pengawet dan pewarna makanan yang berbahaya, dan kepada pembeli juga diingatkan agar melaporkan jika menemukan barang yang rusak atau ka­da­luarsa.”Masyarakat agar lebih teliti sebelum membeli produk makanan dan minuman dalam kemasan, sehingga tidak membeli produk yang kadalurasa yang bisa membahayakan kesehatan,” pungkasnya. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]