DISDUKCAPIL DI DAERAH KEWALAHAN

Kemendagri Lamban Koneksikan Data


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:06:42 WIB

PARIAMAN, HALUAN — Setelah Kabupaten Limapuluh Kota dan sejumlah daerah lainnya, kini Pariaman juga mengalami kesulitan memproses KTP Elektronik akibat lambannya Kementerian Dalam Negeri memprefikasi data.

“Sama seperti di daerah lainnya, akibat kelambanan pihak Kemendagri maka pe­ngeluaran KTP Elektronik pada Dinas Catatan Sipil Kota Pariaman, menjadi terlambat. Bahkan lembaran KTP Elektronik baru bisa dikeluarkan setelah 15 hari perekaman data,” kata Kepa­la Dinas Kependudukan Ca­ta­tan Sipil, Sumiramis ketika menjawab Haluan, di ruang kerjanya, Jumat (7/10).

Kondisi melambat sudah mulai dirasakan sejak dua bulan belakangan, rekam data warga untuk KTP- el lang­sung terkirim ke pusat data Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Sementara KTP-el yang dicetak dan dikel­uarkan dari dinas Duk­capil Kota Pariaman, berdasarkan data yang telah dikirim kem­bali dari Kemendagri ter­sebut. Pengeluaran KTP ha­rus berdasarkan data pe­ngembalian rekam dari Ke­men­dagri ke Didukcapil di setaip Daerah. “Bagaimana kita mau cetak KTP-el, s­e­men­tara data rekam yang kita kirim ke pusat data Ke­men­dagri tersebut belum muncul di koneksi data kita di sini. Jadi apa yang mau kita ce­tak?. Data itu terkadang tiba setelah 15 hari dan itulah yang kita cetak KTP-Elek­troniknya,” tegas Sumiramis.

Kini, sebagai pengganti KTP terhadap warga yang sudah rekam data dan mereka terdesak harus punya KTP untuk sesuatu keperluan, Dinas hanya bisa me­nge­luar­kan surat keterangan sebagai gantinya.

Untuk mengeluarkan su­rat keterangan dengan selem­bar kertas ukuran kuar­to, itupun izinya baru dapat dari pusat kemarin. Dalam dua hari ini baru di keluarkan surat keterangan pengganti KTP-el sebanyak 4 lembar, itupun diberikan terhadap warga yang sangat mem­bu­tuhkannya. “Untuk se­men­tara ini, itulah baru so­lu­sinya,” jelas Sumiramis. War­ga kota Pariaman yang sudah rekam data ke Dinas Ke­pendudukan Ca­tatan Sipil sebanyak 59.020 orang. Se­men­tara yang wajib KTP se­banyak 63.484 orang. (h/tri)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]