Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:08:21 WIB
Langkah Alih Status IAIN IB jadi UIN Tunggu Keputusan Presiden Rektor IAIN IB Eka Putra Wirman saat menyerahkan naskah akademik kepada tim visitasi alih status IAIN menjadi UIN Asisten Deputi Bidang PMK Kementerian Sekretaris Negara Hanung Cahyono di aula Pascasarjana IAIN IB, Jumat (7/10). (HUMAS)

PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) Padang menuju Universitas Islam Negeri (UIN) tinggal beberapa langkah lagi. Saat ini pengajuan izin prinsip sudah diajukan ke presiden tinggal menunggu jawaban.

“Setelah mendapatkan izin prakarsa dari presiden, dilanjutkan dengan harmonisasi dengan beberapa kementerian terkait seperti Menpan RB, Menteri Keuangan dan lainnya. Saya rasa dari 6 IAIN yang diajukan naik tingkat jadi UIN, tidak ada masalah,” ucap Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Sekretaris Negara Hanung Cahyono saat melakukan visitasi ke IAIN IB, Jumat (7/10).

Ia juga mengatakan, tahun ini terdapat enam IAIN mengajukan alih status di antaranya IAIN Antasari Banjarmasin, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, IAIN Raden Intan Lampung dan Imam Bonjol sendiri. Keenam IAIN ini sendiri secara pengelolaan sudah berstatus Badan Layanan Umum (BLU), sehingga tidak akan mem­bebani APBN.

Hanung juga mengatakan, untuk menjadi UIN ini ada beberapa hal yang harus dipikirkan IAIN dari sekarang. Seperti apa yang akan dilakukan setelah menjadi UIN nanti, dan mengembangkan keunggulan yang dimiliki UIN nantinya termasuk menambah prodi umum.

“Untuk prodi umum, IAIN harus meme­nuhi sebanyak 40 persen dari seluruh prodi, agar bisa menjadi UIN,” ucap Hanung.

Terkait hasil visitasi sendiri, Hanung optimis UIN akan segera diraih, karena pengembangan kampus ke Sungai Bangek merupakan sebuah langkah strategis dengan mengambil 63 hektare lahan. Tak hanya itu, dukungan dari sejumlah tokoh seperti gubernur, walikota, DPRD Sumbar, MUI Sumbar, MUI Kota Padang, LKAAM Sumbar beserta Pemerintah Kabupaten dan Kota juga telah dikantongi.

“Kami harapkan tim visitasi segera me­ngeluarkan surat keputusan UIN ini, karena IAIN ini tidak diragukan lagi. Menjadi UIN, ha­rapan kami bersama,” kata Gubernur Sum­bar Irwan Prayitno memberikan duku­ngan.

Sementara itu, Kabiro Ortala Kemenag RI Nur Arifin menargetkan perubahan IAIN IB menjadi UIN bisa keluar pada 22 Oktober, yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional.

Rektor IAIN IB Eka Putra Wirman dalam paparannya mengatakan, ketika sudah menjadi UIN, pihaknya akan berbenah sehingga mutu mahasiswa yang dihasilkan meningkat. Termasuk juga membuka prodi umum pada 2017 mendatang, yang menjadi syarat menuju UIN.

“Jika hanya berubah nama jadi UIN, tanpa ada perubahan mutu dan kualitas, tentu bukanlah hal yang kami harapkan. IAIN jadi UIN, luaran yang dihasilkan juga harus sesuai, jangan jalan di tempat,” ucap Eka.

Ia juga mengatakan, nantinya pihaknya akan mengembangkan  fakultas-fakultas yang akan menjadi unggulan, seperti jurusan hu­kum Islam, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FE­BI) maupun pendidikan Isam yang telah la­ma berdiri di bawah naungan Fakultas Tar­biyah.

Sebagai perguruan tinggi Islam tertua di Sumatera, IAIN IB telah melahirkan UIN Sumatera Utara, IAIN Bukittinggi, IAIN Batusangkar dan IAIN Padang Sidempuan sejak awal kemunculannya tahun 1966 silam. Saat ini, mahasiswa IAIN IB tercatat sebanyak 12.203 orang dan menjadi kampus dengan mahasiswa terbanyak di antara IAIN se-Indonesia. Kemudian, dari 35 program studi, 3 prodi sudah terakreditasi A, 24 prodi terakreditasi B, dan 8 prodi terakreditasi C, karena merupakan jurusan baru.

Prestasi lain yang diraih IAIN dalam tahun ini adalah meraih peringkat pertama untuk IAIN se-Indonesia untuk kategori peminat terbanyak, dan peringkat 10  dari seluruh PTKIN se-Indonesia. 

Menyambut tim visitasi ini, turut hadir mantan rektor IAIN IB di antaranya, Maidir Harun, Sirajuddin Zar, Makmur Syarif, Asasriwarni, Ketua Senat, MUI Sumbar, MUI Padang dan segenap civitas akademika IAIN IB Padang. (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Maret 2017 - 08:38:38 WIB

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko?

    KWT Gunung Padang Akan Disulap, Bagaimana Langkah Pemko? PADANG,HALUAN— Walikota Padang Mahyeldi mengatakan, sudah menyiapkan grand desain untuk pengembangan Kawasan Wisata Terpadu (KWT) guna mempercepat pengembangan pariwisata di Kota Padang..
  • Jumat, 01 Juli 2016 - 15:51:32 WIB

    Pertamina Sumbagut Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM

    Pertamina Sumbagut Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM PADANG, HALUAN -- Pertamina telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak menjelang dan selama libur panjang Idul Fitri 1437 H mendatang..
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 04:17:00 WIB

    Selangkah Lagi, IAIN IB Padang Jadi Universitas

    Selangkah Lagi, IAIN IB Padang Jadi Universitas PADANG, HALUAN — Alih status Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) telah direstui oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Artinya, jika tidak ada aral melinta.
  • Jumat, 09 Januari 2015 - 20:08:05 WIB

    Satpol PP Utamakan Langkah Persuasif

    PENEGAKAN PERDA PENGELOLAAN SAMPAH

    PADANG, HALUAN—Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang lebih me­ngu­tamakan persuasif dalam me­ne­gakan Peraturan Daerah (Perda) Kota P.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]