BISA JADI SARANG PENYAKIT

Sampah TPS Membuat Warga Resah


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:12:36 WIB

PADANG, HALUAN — Masyarakat Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji Padang, mengeluhkan adanya tumpukan sampah di tempat Pembuangan Sementara (TPS) kawasan tersebut. Terlebih tumpukan tersebut sudah mengeluarkan bau tidak sedap.

Seringkali tumpukan sam­pah yang berada di dalam kontainer telat di angkut oleh petugas kebersihan, sehingga sampah yang tidak terangkut terus menumpuk dan berse­rakan. Akibatnya menimbul­kan bau yang tidak enak apabila melewati lokasi terse­but.

Pantauan Haluan, Jumat (7/10) masih terlihat tum­pukan sampah di dalam kon­tainer, sampah tersebut belum diangkut oleh petugas ke­bersihan.

Bedasarkan keluhan yang datang dari salah seorang mahasiswi, Yeni (24) yang tinggal di sekitar lokasi, tak hanya aroma tidak sedap yang rasakannya, tetapi rasa kekhawatiran akan muncul­nya berbagai gangguan kese­hatan juga menjadi salah satu keluhannya. Apalagi me­nurutnya akhir-akhir ini se­ring turun hujan.

“Kami kuawatir wabah penyakit akan semakin ber­mun­culan, apalagi sekarang sering turun hujan, tentu hal tersebut lebih memicu untuk bisa terserang penyakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikata­kan­nya, ia berharap keluhannya menjadi perhatian bagi ins­tansi yang terkait, karena jika terus dibiarkan warga akan semakin resah dan ma­syara­kat disekitarpun juga tidak akan merasakan kenya­ma­nan.

Hal senada keluar dari Ungkapan Leni (34) warga Lubuk Lintah, ia menye­butkan bahwa sampah rumah tangga  harus menjadi per­hatian dari semua pihak.

Jika terus dibiarkan me­num­puk lama, maka akan menimbulkan bau yang nanti­nya akan beralih pada wabah penyakit.

“Lihat saja sendiri, masih ada sampah yang berserakan di luar kontainer, karena kontainer tersebut sudah penuh,” ujarnya.

Kebersihan dan keinda­han lingkungan sangatlah diper­lukan, karena akan mam­pu menciptakan hidup sehat. Namun, kenyataannya sampah-sampah masih berse­rakan, yang sangat mengang­gu keindahan lingkungan itu sendiri.

“Apalagi sampah terse­but  sudah lama tidak diber­sihkan, tentunya dapat me­nim­bulkan bau yang tidak sedap yang dapat meng­ganggu kenyamanan,” tam­bahnya. (h/mg-ina)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]