Perangkat Nagari Ikut BPJS Ketenagakerjaan


Sabtu, 08 Oktober 2016 - 03:44:21 WIB
Perangkat Nagari Ikut BPJS Ketenagakerjaan Seribu perangkat nagari dari 79 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan dari Mennaker Hanif Dhakiri, Jumat (7/10). (HUMAS PEMPROV)

LIMAPULUH KOTA, HALUAN  — Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Muhammad Hanif Dhakiri melakukan penandatangan MoU kerja sama BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kabupaten  Limapuluh Kota di gedung Politani Payakumbuh, Jumat (7/10).

Hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Irfendi Arbi, Wakil Bupati Ferizal Ridwan, Kadis Nakertrans Sumbar, Ketua DPRD dan Forkopinda Kabupaten Limapuluh Kota.  

Pada kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakiri menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 1.000 pe­rangkat nagari dari 79 nagari di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Walinagari sebagai ujung tom­bak penyelenggaraan pemerintahan terendah di Kabupaten Lima­puluh Kota, Sumbar, diberikan jaminan sosial BPJS ketenaga­kerjaan. Ada tiga bentuk jaminan sosial dalam kerja sama ini, pertama jaminan kecelakaan ker­ja, kedua jaminan kematian dan jaminan hari tua, “ ungkap Menaker.

Saat ini ada dua juta pekerja di Sumbar, namun yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan  sekitar baru 492.000 atau sekitar 25 persen. Sisanya yang 75 persen lebih belum didaftarkan.

Menurut Menaker, penanga­nan sosial menjadi kewajiban pemerintah. Ada skema penanga­nan sosial dalam mendorong kesejahteraan masyarakat. Upah minum merupakan jaringan pe­nga­man sosial. “Dan pengamanan lain berupa program yang diken­dalikan oleh pemerintah sebagai meningkatkan daya tahan mas­yarakat, berupa Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar. “ kata Hanif Dhakiri.

Wakil Gubernur Nasrul Abit di sela-sela acara mengatakan penandatangan MoU kerjasama ini amat bagus untuk mening­katkan kesejahteraan perangkat walinagari di Sumatera Barat.

“Jika saja semua perangkat nagari di Sumbar mendapat ja­minan kesejahteraan dari program BPJS Ketenaganakerjaan, tentu­nya gairah kerja perangkat nagari sebagai pelayanan masyarakat terdepan akan semakin baik,” kata Nasrul.

Wagub berharap bupati dan walikota se Sumatera Barat dapat mencontoh dan melakukan hal serupa, seperti yang dilakukan Pemkab Limapuluh Kota. (h/rls)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 12:43:12 WIB

    Soal PAM Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan, Dinas Pariwisata Padang Lempar Bola ke Perangkat Desa

    Soal PAM Masih Ramai Dikunjungi Wisatawan, Dinas Pariwisata Padang Lempar Bola ke Perangkat Desa HARIANHALUAN.COM -- Meski sudah ditutup sejak 20 Maret lalu, nyatanya objek wisata Pantai Air Manis (PAM) Kota Padang masih ramai di kunjungi oleh wisatawan usai lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah..
  • Rabu, 03 Oktober 2018 - 14:33:58 WIB

    Tes CPNS, Perangkat CAT di Kota Padang Siap Digunakan

    Tes CPNS, Perangkat CAT di Kota Padang Siap Digunakan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Meski belum ada keputusan penunjukan sebagai pelaksana tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pemko Padang mengaku telah siap jika sewaktu-waktu diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan Co.
  • Rabu, 05 Oktober 2016 - 02:57:54 WIB
    RANPERDA SOPD PROVINSI SUMBAR DITETAPKAN

    41 Perangkat Diciutkan Jadi 39

    PADANG, HALUAN — Frak­si-fraksi di DPRD Sumbar akhirnya menyetujui Ranper­da Struktur Organisasi Perang­kat Daerah (SOPD) untuk ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Perangkat daerah yang semula berjumlah 41, dira.
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:43:22 WIB
    PEMPROV SAMPAIKAN RANPERDA SOTK KE DPRD

    Perangkat Daerah Berkurang dari 41 jadi 37

    PADANG, HALUAN — Pemprov Sumbar telah mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Tata Kelola (SOTK) ke DPRD Sumbar dalam sidang paripurna, Senin, (29/8). Dalam SOTK baru itu,.
  • Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:12:33 WIB

    Perangkat Kelurahan Terima Insentif Hingga Rp2,5 Juta/Bulan

    PADANG, HALUAN — Janji pemerintahan Mahyeldi Emzalmi untuk melayani masyarakat di tingkat paling bawah diwujudkan dengan memberikan insentif lurah, sekretaris lurah (seklur) dan kasi mulai Oktober ini. Namun, pelayanan d.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]