Kerja Bertaruh Nyawa, Kantor Serupa Kandang Kuda

#BantuanUntukDamkarPayakumbuh


Ahad, 09 Oktober 2016 - 00:25:16 WIB
#BantuanUntukDamkarPayakumbuh Beginilah kondisi Kantor UPTD Damkar Payakumbuh. Memiriskan. Para pemadam api hanya tidur di tikar pandan. (kredit foto: Ricky Monreal)

PAYAKUMBUH, HALUAN – Kondisi Kantor UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Payakumbuh, mengundang haru sebagian kalangan. Betapa tidak, kantor tempat mangkalnya para penyelamat itu tak lebih baik dari kandang kuda. Buruk rupa, dan hanya berkasur lusuh.

 

Kondisi memiriskan itu terkuak dari foto-foto yang disebarkan Ricky Monreal di Group WhatsApp Pilkada Payakumbuh, Sabtu (8/10/2016). Tampak, kantor nan hanya berdinding papan, ada juga sebagian dinding cuma ditambal seng karena kayunya sudah lapuk. “Miris,” tulis user WhatsApp bernama Sahabat Kita.

 

Melongok ke dalam tempat peristirahat personil, kondisinya lebih memiriskan. Jangan bayangkan, ruangannya punya pendingin, atau kasurnya empuk. Nan ada di sana hanya tikar pandan lusuh, dan kasur kapuk, yang teronggok di sudut ruangan. Seorang petugas tampak duduk di atasnya. Sontak, kondisi ini menimbulkan banyak pertanyaan. Kenapa, Damkar nan dalam bekerja bertaruh nyawa, fasilitasnya begitu minim? Serupa dianaktirikan, di tengah bisingnya derap pembangunan di Kota Payakumbuh. Sungguh ironis.

 

Melihat keadaan itu, beberapa warga tergerak hatinya. Tanpa dikomandoi langsung menyalurkan sumbangan, untuk pembeli perlengkapan di Kantor Damkar. “Setidaknya, pembeli kasur,” ungkap Dodi, inisiator pengumpul sumbangan. “Kalau mau, kita patungan membangun tempat atau membelikan tempat istirahat yang pantas bagi pahlawan pemadam kebakaran,” tambah Habib, anggota Group WA Pilkada Payakumbuh lainnya.

 

Ajakan Habib ditanggapi langsung. Orang-orang mulai menyumbang. Mereka tak ingin, personil Damkar yang dianggap pahlawan, tidur di tempat yang tak lebih baik dari kandang kuda. Tagline #BantuanUntukDamkarPayakumbuh disebar.

 

Penggalangan dana untuk Damkar Payakumbuh menjadi tamparan keras bagi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]