Pembentukan SOPD Padang Panjang Rampung


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:02:57 WIB

PADANG PANJANG, HALU­AN — Pemerintah Kota Padang Panjang telah merampungkan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang akan di­ber­lakukan 2017, melalui per­setujuan DPRD Padang Panjang. Setelah disetujui DPRD pem­bentukan SOPD yang baru itu, maka akan diterbitkan Peraturan Daerah (Perda)-nya dalam wak­tu dekat ini.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Padang Panjang Nuldryman mengatakan, Pem­bentukan SOPD itu sesuai deng­an instruksi Menteri Dalam negeri (Mendagri) nomor 061/2911/SJ Tahun 2016 tentang tindaklanjut Peraturan Pe­me­rintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

“Saat ini tinggal konsultasi dengan pihak Biro Hukum Pro­vinsi, dan setelah itu baru pe­ner­bitan Perda-nya. SOPD yang sudah dirampung itu, mengalami pengurangan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari yang sebelumnya,” ujar Nuldryman.

Pengurangan SKPD ter­sebut, lanjutnya, sebanyak enam SKPD yakni dari 27 menjadi 21 SKPD. Pengurangam itu sesuai dengan kebutuhan berdasarkan pertimbangan kondisi kota relatif kecil hanya 23 kilometer persegi dan berpenduduk lebih kurang 53 ribu jiwa.

Tidak itu saja, kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap APBD pada 2015 hanya mencapai 13,6 persen dan rasio belanja pegawai mencapai 47,3 persen serta kemampuan sumber daya yang terbatas.

“Dengan adanya peram­pingan SOTK tersebut, sudah dipastikan jabatan eselon IV, III dan II juga akan mengalami perobahan. Untuk pejabat yang akan menempati posisi baru itu tergantung dari Kepala Daerah nantinya,” terangnya.

Sementara, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan DPRD Padang Panjang, Nasrullah Nukman tidak mem­per­masalah­kan pengurangan SKPD ter­sebut, karena sudah diatur dari pemerintah pusat. “SKPD itu sesuai dengan kebutuhan untuk pelaksanaan pemerintahan di Padang Panjang ini,” pung­kasnya. (h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 September 2016 - 02:56:50 WIB

    Yusuf Lubis Dukung Pembentukan KPI

    Yusuf Lubis Dukung Pembentukan KPI PASAMAN, HALUAN — Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menyambut baik rencana pem­bentukan kepengurusan organisasi Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) di daerah itu. .
  • Kamis, 25 Agustus 2016 - 03:55:21 WIB
    BANYAK KASUS NARKOBA DI PASBAR

    Polres Usulkan Pembentukan BNK

    PASBAR, HALUAN — Menurut Kapolres Pasaman Barat (Pasbar), AKBP Djoko Ananto, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) perlu di kabupaten itu karena tingginya kasus narkotika di sana. “Perlu ada BNK di kabupaten ini agar pemberanta.
  • Rabu, 15 Juni 2016 - 02:19:51 WIB

    Gubernur Dukung Pembentukan Dubalang

    Gubernur Dukung Pembentukan Dubalang PARIAMAN, HALUAN — Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, mendukung pembentukan Dubalang di Kota Pariaman dan siap meng­hadiri lounching duba­lang tersebut. Hal itu disam­paikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno pada kun.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]