Kebun Raya Bogor Ditutup Sementara


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:06:46 WIB

BOGOR, HALUAN—Ke­bun Raya Bogor ditutup sementara untuk umum kare­na angin kencang.

“Sejak malam kemarin angin bertiup di atas normal, hingga hari ini masih terjadi. Kami informasikan operasio­nal Kebun Raya Bogor ditu­tup sementara,” kata Petugas Pengawas Pelayanan Jasa Kebun Raya Bogor Upun Punijar, kepada Antara, Ming­gu.

Menurut Upun, penu­tupan Kebun Raya dilakukan demi keselamatan p­e­ngun­jung.

“Kami menghindari hal-hal atau keja­dian-kejadian yang tidak diinginkan, sejak angin kencang ini, banyak dahan-dahan pohon yang patah, dan ada beberapa pohon yang juga tumbang,” katanya.

Ia mengatakan, angin kencang terjadi sejak Sabtu (8/10) malam, menga­ki­bat­kan tiga pohon di Kebun Raya tumbang.

Meski demikian, mana­jemen meng­izinkan sejumlah rombongan pengunjung un­tuk melakukan kegiatan di kebun hari ini, karena telah mendaftar jauh-jauh hari.

Kegiatan tersebut di an­taranya manasik haji yang diikuti 2.000 peserta murid TK beserta orang tuannya.

“Ada sekitar 10 rom­bongan yang hari ini ada agenda. Kami terpaksa me­ng­i­zinkan masuk, karena mereka sudah jauh-jauh da­tang, tetapi dengan berbagai pertim­bangan kami izinkan,” katanya.

Menurut Upun, pengun­jung telah diingatkan untuk berhati-hati dan menja­uhi area pepohonan selama ber­ak­tivitas di dalam kebun raya.

“Mereka sudah masuk sejak pagi, dan sejumlah kegiatan sudah hampir se­lesai. Jadi kami tinggal me­nunggu mereka selesai berak­tivitas,” kata Upun.

Badan Meteorologi Kli­matologi dan Geofisika (BM­KG) Stasiun Klimatologi Dramaga, Kabupaten Bogor menyebutkan, prakiraan pola angin hari ini di wilayah Jawa Barat pada umumnya bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 15 - 25 km/jam.

Kepala Stasiun Klima­tologi Dramaga, Dedi Su­cahyono menjelaskan, angin kencang terjadi karena saat ini wilayah Indonesia me­masuki masa transisi.

“BMKG telah menge­luarkan informasi peringatan dini, terkait cuaca di masa transisi ini, ini berlaku peri­ode tiga hari ke depan,” kata Dedi.(h/ant)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]