Kemensos Data Pengikut Dimas Kanjeng


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:07:05 WIB

Jakarta, HALUAN—Tim dari Kementerian Sosial (Kemensos) masih mendata pengikut Padepokan Dimas Kanjeng pimpinan Taat Pribadi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, untuk proses pemulangan mereka ke daerah asal masing-masing.

“Hingga kini dua tim yang masih berada di lokasi dan aktif mendata para mantan dan pengikut Padepokan,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam siaran pers Kementerian Sosial, Minggu.

Kemensos akan membantu pengikut Padepokan Dimas Kanjeng pulang ke kampung asal mereka. Pengikut yang berasal dari Pulau Jawa akan diantar menggunakan bus Dam­ri sementara mereka yang berasal dari luar Jawa akan diangkut menggunakan Kapal Pelni sampai ke daerahnya.

Menteri Sosial mengatakan kementerian bermitra dengan Damri dan Pelni untuk pena­nganan berbagai masalah sosi­al, termasuk pemulangan tena­ga kerja Indonesia yang berma­salah.

“Jadi kerja sama ini sebe­narnya sudah lama untuk me­ng­ang­kut para TKI bermasalah yang dipulangkan,” katanya.

Kementerian Sosial juga menerjunkan tim pemulihan trauma dan konseling serta memberikan bantuan hidup Rp900 ribu per orang kepada mantan pengikut maupun pe­ngikut Padepokan Dimas Kan­jeng yang mengungsi di be­berapa tempat.

Kementerian Sosial ingin memastikan para mantan pe­ngikut dan pengikut Pa­de­pokan aman serta tercukupi kebutuhan dasar mereka se­lama berada di tempat pe­ngungsian. (h/ant)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]