VIETNAM SULITKAN INDONESIA

Imbang Hasil yang Adil


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:12:10 WIB
Imbang Hasil yang Adil Pesepak bola timnas Indonesia Irfan Bachdim (tengah) melakukan selebarasi setelah mencetak gol pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (9/10). Dalam laga persahabatan tersebut timnas Indonesia ditahan imbang oleh Vietnam dengan skor 2-2. (ANTARA)

Sleman, Haluan  — Pe­latih tim nasional Indo­nesia, Alfred Riedl, mengakui Viet­nam menyulitkan tim besu­tan­nya. Oleh karenanya, ia menilai bahwa hasil imbang sudah adil.Pada laga di Sta­dion Maguwoharjo, Minggu (9/10), Indonesia bermain imbang 2-2 dengan Vietnam.

Tim Garuda’ sempat ter­tinggal dua gol lebih dulu dalam 12 menit sejak kick-off. Riedl menilai anak asuh­nya memulai laga dengan tempo terlalu lambat, tapi senang bisa melihat mereka bangkit.”Ketika kami me­mulai dengan tertinggal 0-2, lalu menyamakan kedudu­kan jadi 2-2, saya rasa itu hasil yang baik dan adil. Kami memulai terlalu lam­bat, tapi kemudian bisa menata diri kembali. Secara keseluruhan, kami sebe­narnya punya kans untuk menang,” kata Riedl.

Dibandingkan dengan laga ujicoba melawan Malay­sia pada September lalu, Riedl mengakui partai ini jauh lebih sulit. Fakta bahwa Vietnam bermain tandang dan sempat unggul dua gol sudah cukup untuk me­nun­juk­kannya.

“Saya rasa ini laga yang jauh lebih sulit daripada ketika melawan Malaysia. Tidak cuma karena kon­disinya, tapi Viet­nam secara kualitas juga lebih baik dari kami. Kami harus memper­timbangkan bahwa mereka bermain tan­dang dan bisa mendapatkan hasil ini. Me­reka juga baru bermain em­pat hari lalu me­lawan Korea Utara.”

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat sedari awal. Indonesia, sebagai tuan rumah, langsung melakukan tekanan selepas sepak mula pertandingan.Meski begitu, justru Vietnam yang men­cetak gol lebih dulu. Tim tamu membuat Indonesia terkejut ketika tendangan dari Le Van Thang mem­bobol gawang yang dikawal oleh Andritani Ardhyasa pada menit keempat.

Indonesia akhirnya me­nyamakan kedudukan di menit ke-25.Adalah Zulham yang menjadi pencetak gol­nya. Tendangan bebas ke­ras­nya dari luar kotak penalti terlalu sulit untuk dihen­tikan kiper Vietnam, Nguyen Tran. Tangannya sempat mengenai bola yang me­nga­rah ke sudut atas, tetapi gagal menghentikan sepakan Zul­ham.

Gol kedua Indonesia la­hir pada menit ke-27. Kali ini, diawali oleh tusukan dari sisi kiri, di mana Andik melepaskan umpan terarah kepada Zulham yang berada di dalam kotak penalti. Bola sodoran Zulham setelahnya diselesaikan oleh Irfan, yang berdiri di dekat tiang gawang Vietnam. Para pemain Viet­nam sempat mengira Irfan berada di posisi offside, namun hakim garis me­nga­takan tidak karena ada pe­main Vietnam berdiri sejajar di sisi terjauh lapa­ngan. (h/san)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]