BEM STIPER Bina Jorong Terpencil di Sijunjung


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:18:16 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIPER) Sawahlunto Sijunjung, melakukan kegiatan Bina Desa di Jorong Solok Badak, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Kegiatan yang akan terus berlangsung hingga akhir Desember 2016 ini, mengangkat tema Mengabdi untuk Pen­didikan Dasar dan Ketahanan Pangan Masyarakat Desa.

Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Ke­ma­hasiswaan, Kemenristekdikti RI yang diberikan kepada mahasiswa agar mahasiswa bisa terjun langsung mem­bangun desa, melalui Pro­gram Hibah Bina Desa (PHBD).

Ketua tim Harryadi me­ngatakan, kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa adalah pendidikan dan pe­ngaj­aran terhadap anak-anak, pengembangan minat, bakat dan motivasi anak-anak, pengajaran masyarakat de­wasa yang buta huruf, pe­ngadaan pustaka desa, dan lainnya.

“Pemilihan lokasi dan kegiatan ini beranjak dari kondisi Jorong Solok Badak itu sendiri. Jorong ini adalah sa­lah satu jorong yang teri­solir di Kabupaten Sijunjung. Jorong ini terletak pada ba­gian pedalaman yang hampir semua jalan yang dilalui masih terbuat dari batu dan tanah. Kiri kanan jalan yang dilalui adalah kebun karet rakyat, lahan persawahan dan sebagian lainnya perkebunan. Tidak ada angkot, oplet atau angkutan umum lainnya yang beroperasi menuju jorong ini,” ucapnya, saat sosialisasi dan pembukaan kegiatan, Jumat (7/10).

“Tidak ada SMP, SMA dan sekolah lainnya disini. Jika anak-anak Jorong Solok Badak ingin melanjutkan sekolah, mereka melanjutkan di pusat Nagari Limo Koto. Sebagian besar yang me­lanjutkan ke SMP dan SMA, memilih tinggal di sekitar pusat nagari dengan cara kos, menumpang dengan keluarga atau sambil bekerja. Sebagian lainnya ada yang jalan kaki terlebih dahulu hingga jalan raya dan ada juga sebagian kecil yang menggunakan sepeda motor,” tambahnya.

Kondisi tersebut, ber­da­sarkan pengamatan STIPER berdampak terhadap ren­dah­nya tingkat pendidikan dan perekonomian masyarakat. Oleh karena itulah, BEM STIPER Sijunjung ingin ber­peran serta dalam mengatasi persoalan yang dialami ma­syarakat tersebut.

Kegiatan BEM ini disam­but antusias oleh masyarakat, karena selama ini belum ada kegiatan yang dilakukan oleh lembaga atau perguruan tinggi manapun di kampung mereka.

“Kami sangat bersyukur atas kehadiran BEM STIPER Sijunjung dan melakukan kegiatan-kegiatan disini. Kami harap kegiatan ini terus berlanjut di kemudian hari,” ucap Kepala Jorong Solok Badak, Bapak Syam ‘Jangguik’.

Kegiatan ini juga dihadiri Pimpinan STIPER Sijunjung, Rini Elisia, SPt, MP dan Santi Diana Putri, S.Si, M.Si.  (h/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 18 September 2019 - 17:42:33 WIB

    Aliansi BEM Sumbar Duduki Rumah Bagonjong

    Aliansi BEM Sumbar Duduki Rumah Bagonjong PADANG, HARIANHALUAN.COM — Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat kembali menggelar aksi di depan Kantor Gubernur Sumbar, Rabu (18/9). Namun seperti pada aksi pertama, peserta aksi kembali gagal bertemu gube.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]