Gebu Minang Salurkan Beasiswa


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:21:25 WIB
Gebu Minang Salurkan Beasiswa Foto bersama usai penyerahan beasiswa untuk lima mahasiswa asal Minang di Kampus UIN oleh Gebu Minang Pusat, Jumat (7/10).

JAKARTA, HALUAN — Ge­rakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Mi­nang Pusat, mulai tahun ini, me­nyalurkan beasiswa untuk 15 orang mahasiswa Mi­nang yang tengah belajar di tiga perguruan tinggi ternama, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat.

Penyerahan beasiswa ini dila­kukan langsung oleh Ketua Umum Gebu Minang Pusat, Ir HR Er­mansyah Jamin Dt Tan­ma­liputi kepada Rektor UI di Kam­pus UI Depok, Selasa lalu dan kepada Rektor UIN di Kampus Ciputat, Jumat (7/10). Ikut menyaksikan sejumlah petinggi Gebu Minang, antara lain Sekjen Yulianto Syahu, Bendahara Umum Nafis Thaib, Wakil Ketua Umum bidang Pem­berdayaan Masyarakat Nela­yan Pesisir dan Perikanan Darat, Hj Sulfah Achni E Jamin, Wakil Sekjen Warni Darwis dan se­jumlah pe­ngurus lainnya.

Di kampus UIN Ciputat, bea­siswa untuk lima orang Ma­hasiswa UIN diterima langsung Rektor Prof DR Dede Rasyada di­dampingi Wakil Rektor Bi­dang Kemahasiswaan Prof Yus­ron Razak, MA yang juga salah pengurus Gebu Minang Pusat dan kelima mahasiswa penerima bea­siswa Gebu Minang.

Menurut Er­man­syah Jamin, dana yang disalurkan untuk 15 mahasiswa terpilih pa­da tahun ini berasal dari pengumpulan Da­na Abadi Minang In­ter­­na­sio­nal (DAMI) yang sudah di­himpun sejak lama dan baru saat ini mulai disa­lur­kan kepada sejumlah mahasiswa Minang yang tengah belajar di berbagai perguruan tinggi.

Pemberian beasiswa ini, kata mantan Direksi PT PLN (Per­sero), itu adalah salah satu hajat Gebu Minang yang sudah lama digagas. Tujuannya adalah untuk membantu meringankan biaya pendidikan bagi anak-anak berprestasi dari Mi­nangkabau.

Sekjen Gebu Minang, Yul­ianto Syahyu mengatakan, jum­lah bea­siswa yang diberikan ke­pada ma­sing-masing mahasiswa baru sebesar Rp500.000 per bulan. Artinya, selama setahun mereka menerima Rp6.000.000. Pada penyerahan di Kampus UI dan UIN, Gebu Minang me­nyerahkan cek/giro sebesar Rp30 juta untuk 5 orang pe­nerima bea­siswa. Sedang untuk 5 ma­hasiswa dari Unand akan diserahkan dalam waktu dekat ini.

Rektor Dede Rosyada me­ng­apresiasi penuh pemberian beasiswa kepada sejumlah mahasiswanya oleh Gebu Minang. Meski tahun ini baru untuk mahasiswa yang berasal dari Sumatera Barat, mudah-mudahan kelak Gebu Minang juga dapat memberi beasiswa untuk anak-anak berprestasi lainnya yang berasal dari keluarga kurang mampu. (h/rel/eni)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 01:22:06 WIB

    Oesman Sapta Pimpin Gebu Minang

    Oesman Sapta Pimpin Gebu Minang PADANG, HALUAN — Wa­kil Ketua Majelis Permus­yawaratan Rakyat (MPR) RI, Oesman Sapta Odang, ter­pilih secara aklamasi men­jadi Ketua Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) periode 2016 – 2021..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]