BAGIKAN PULUHAN RIBU BIBIT

Agam Kembangkan Perkebunan Tembakau


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:24:31 WIB
Agam Kembangkan Perkebunan Tembakau KEBUN tembakau rakyat di nagari Sungai Pua kecamatan Palembayan. (KASRA SCORPI)

Agam, Haluan — Pemerintah Kabupaten Agam mengembangkan perkebunan temba­kau rakyat dengan membagikan 140 ribu bi­bit tembakau rendah nikotin jenis rodong te­leng kepada 7 kelompok tani(Keltan) di 5 ke­camatan.

Penerima bantuan Keltan Gobah Sakato, Keltan Pauh Saiyo di Kecamatan Tilatang Kamang, Jaya Bersama di Kecamatan Baso, Dahlia di Kecamatan Ampek Angkek, Aua Sarumpun, Karya Tani dan Pauh Saiyo di nagari Sungai Pua Kecamatan Palembayan.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Agam, Yulnasri, dana bantuan ini berasal dari APBD Agam 2016 dengan tujuan meningkatkan luas kebun tembakau sehingga penghasilan petaninya turut meningkat. “Dipilihnya bibit jenis rodong teleng rendah nikotin sebagai bantuan karena tembakau jenis ini lebih tahan terhadap serangan hama dan cocok dengan kondisi lahan petani tempat pengem­banganya,” kata Yulnasri Jumat lalu.

Sementara itu Sekretaris Wali Nagari Su­ngai Pua kecamatan Palembayan Dasrul Is­kandar mengatakan, di nagarinya 3 kelom­pok yang menerima bantuan bibit tembakau ta­hun 2016 ini akan menanamnya pada lahan ke­ring dan sawah. “Di nagari ini perkebunan tem­bakau telah diusahakan sejak lama, sejak ne­nek moyang dulu, namun kini semakin ber­kembang, selain lahan kering, sawah yang bi­asa ditanami dengan padi juga telah ada yang ditanami tembakau karena harga ko­muditas ini cukup tinggi dan diminti pasar,” ka­ta Dasrul.

Pemasaran hasil tembakau Sungai Pua yang biasanya dijual secara eceran ke pasar-pasar tradisional di daerah Agam kini telah sampai ke pedagang Payakumbuh dengan partai besar. (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]