Garuda Muda Garap Lahan Tidur


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:28:01 WIB
Garuda Muda Garap Lahan Tidur Kelompok Tani Garuda Muda memanen bawang yang ditanam di lahan seluas satu hektare. Sebelum ditanami bawang, lahan tersebut hanya berupa lahan tidur.

AGAM, HALUAN — Ke­lom­pok Tani Garuda Muda, Ke­ca­matan Kamang Magek, Kabu­paten Agam, mengolah lahan tidur seluas satu hektare menjadi produktif dalam menyikapi program Agam Menyemai.

“Ini membuktikan kalau masyarakat termotivasi dengan program tersebut dalam me­ning­katkan perekonomiannya di­bi­dang pertanian dan per­ke­bu­nan,” kata Camat Kamang Ma­gek Surya Wendri.

Lahan seluas satu hektar ini digarap secara berkelompok dengan beranggotakan 25 orang. Mereka ini berasal dari nagari-nagari di kecamatan itu dan kelompk ini menanam bawang merah. Lahan seluas satu hektar ini ditanami umbi bawang me­rah sebanyak 700 Kg, dan me­ng­hasilkan delapan hingga 12 ton bawang saat panen dan mereka memanen tiga kali seta­hun. “Ke­lompok tani ini meru­pakan ge­nerasi muda yang ter­gabung dalam sekolah lapangan Good Agriculture Practise dan berini­siatif memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian,” katanya.

Tidak hanya bertanam ba­wang, Keltan ini juga  menanam holtikultura lain seperti, jagung, cabe, timun dan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Ta­naman Pangan Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Agam Afdal, mengatakan, ini sebuah terobosan dari petani karena bawang merah yang awalnya dikembangkan pada dataran rendah, sekarang dengan varie­tas yang berbeda bisa dikem­bangkan di dataran tinggi.

Saat ini ada seluas 21 hektar lahan bawang merah yang ter­sebar di Kecamatan Kamang Magek,  Tilatang Kamang, Ba­so, Banuhampu dan IV Koto.

Menurut Afdal, masyarakat sangat termotivasi dengan pro­gram Agam Menyemai yang merupakan inovasi Bupati Agam Indra Catri, sehingga lahan yang sebelumnya tidak pernah diga­rap saat ini memberi nilai eko­nomis bagi masyarakat. “Mu­dah-mu­da­han program ini se­lalau disikapi dengan baik oleh masyarakat, agar bisa meningkatkan perekonomian mereka,” harap Afdal. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 16:15:36 WIB

    Promosikan Pariwisata, Pemko Pariaman MoU dengan Garuda

    Promosikan Pariwisata, Pemko Pariaman MoU dengan Garuda PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman jalin kerjasama dengan Garuda Indonesia. Hal ini ditandai dengan kedatangan tim dari Garuda ke Pemko Pariaman, Jumat (21/2-2020). .
  • Rabu, 12 Juli 2017 - 10:34:28 WIB

    Garuda akan Buka Rute Padang - Jeddah

    Garuda akan Buka Rute Padang - Jeddah PADANG, HALUAN - Kabar gembira datang dari Garuda Indonesia. Maskapai plat merah itu akan segera melayani penerbangan charter regular tujuan Jeddah pada November 2017..
  • Jumat, 16 Desember 2016 - 15:58:49 WIB

    Dandrem 032/Wirabraja Nonton Bareng Film Pasukan Garuda

    Dandrem 032/Wirabraja Nonton Bareng Film Pasukan Garuda PADANG, HALUAN - Film 'Pasukan Garuda : I Leave My Heart In Lebanon' yang baru dirilis beberapa waktu lalu membuat jajaran Korem 032/Wirabraja dan Kodim 0312/Padang menggelar kegiatan nonton bareng (nobar) film yang mengisahk.
  • Ahad, 03 Mei 2015 - 18:19:19 WIB

    ‘Garuda Emas’ Pastikan Usung Asyirwan Yunus

    KANTOR DPC GERINDRA LIMAPULUH KOTA DIRESMIKAN

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Teka teki seputar kandidat bakal calon bupati yang akan diusung Partai Gerindra pada Pil­kada Kabupaten Limapuluh Kota, De.

  • Rabu, 22 April 2015 - 20:28:34 WIB

    Lima Anggota LSM Garuda Dicokok Polisi

    PERAS PENGELOLA SEKOLAH

    BUKITTINGGI, HALUAN — Lima pemuda yang mengaku da.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]