PASAR INPRES SEDANG DIBANGUN

Jalan Sandang Pangan Penuh Sesak


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:37:13 WIB
Jalan Sandang Pangan Penuh Sesak Sejumlah pekerja tengah melanjutkan pembagunan 21 kios yang berada di depan Gedung Pasar Inpres Blok IV, Minggu (9/10) Pemerintah menargetkan pengerjaan lantai dua pasar Inpres dan kios di Blok IV rampung pada akhir tahun 2016. (HUDA PUTRA)

PADANG, HALUAN — Jalan Sandang Pangan Pasar Raya Padang semrawut dan penuh sesak oleh pedagang. Pantauan Haluan, Sabtu (8/10) sekitar pukul 16.00 WIB di sepanjang jalan tersebut baik dari sisi kiri maupun kanan bahkan di tengah jalan dipenuhi oleh pedagang yang berjualan.

Mulai dari pedagang san­dang pangan, pedagang ha­rian, pedagang ikan hingga pe­dagang buah bercampur de­ngan posisi yang sem­ba­rangan.

Kondisi tersebut sangat memprihatinkan dan perlu pembenahan. Karena, selain semrawut, hak pengguna jalan juga ter­ganggu yang meny­ebabkan kemacetan.

Jika dibiarkan, maka kon­disi tersebut akan semakin parah dan pedagang akan ban­del untuk diatur kembali.

Salah seorang pengendara sepeda motor, Rahma (28) warga Filano mengaku geram dengan kondisi tersebut karena akses perjalanannya menjadi terganggu oleh sesaknya pe­dagang dan pejalan kaki.

“Jalan ini menjadi sesak karena pedagang sudah me­makai badan jalan baik itu kiri, kanan dan tengah. Tidak hanya kami ini yang terganggu, pe­jalan kaki juga terganggu yang akhirnya semua berebut jalan dan kondisi menjadi kacau,” ungkapnya.

Sementara itu, Inah (50) pedagang sandang pangan mengaku punya hak berjualan di situ karena ia pedagang Inpres III yang saat ini sedang dibangun.

“Kami sudah dapat izin sementara berjualan di sini srbelum dipindahkan ke ba­ngunan Inpres III yang baru. Jadi harus rela juga bersesak begini,” tuturnya.

Kepala Dinas Pasar End­rizal pada Haluan, menga­takan kondisi tersebut dise­babkan keadaan pemba­ngu­nan pasar yang sedang berjalan.

Selain itu, kondisi tersebut biasanya terjadi pada sore hingga menjelang malam kare­na tidak adanya pengawasan petugas di lapangan.

“Kondisi tersebut harus dimaklumi mengingat bebe­rapa Pasar Inpres yang sedang dibangun dan pedagang belum sepenuhnya ditata dengan baik.

Selain itu, pedagang juga banyak yang menghabiskan barang dagangannya yang hari itu harus dihabiskan seperti sayuran dan lain sebagainya,” terangnya.

Meski demikian, Endrizal mengatakan akan terus men­jaga dan menata hingga benar-benar tertata sampai pem­bangunan pasar selesai.

“Kita mengharapkan pe­nger­tian dan kesabaran dari berbagai pihak baik itu dari sisi pedagang maupun pe­ngunjung pasar,” harapnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]