Waspadai Peredaran Upal


Senin, 10 Oktober 2016 - 02:38:25 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN  — Polres Kota Payakumbuh meningkatkan kewaspadaan terkait peredaran uang palsu menjelang pelaksanaan Pe­milihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017. Bisa jadi, alek demokrasi dijadikan pelaku untuk menjalankan modus jahatnya.

Kapolres Payakumbuh AKBP Kus­woto menyebutkan, pengawasan peredaran uang palsu (Upal) jelang Pilkada memang menjadi kewajiban bagi polisi. “Menjelang pelak­sanaan pilkada salah satu momen rawan peredaran uang palsu,” kata Kapolres yang didampingi Kasatreskrim Iptu Wawan Darmawan.

Ia menambahkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan me­mak­simalkan peran polisi yang tersebar di masyarakat untuk mendeteksi dini terhadap kemung­kinan terjadinya peredaran uang. Semen­tara prio­ritasnya adalah terhadap uang yang nominalnya besar dan masih baru, karena jarang bahkan hampir tidak pernah di­temukan uang palsu nilai kecil dengan kondisi kertasnya sudah lama.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat melakukan transaksi, hal itu untuk mengantisipasi kasus peredaran uang palsu serta jangan lupa mem­per­hatikan ciri-cirinya sebagai­mana dianjur­kan Bank Indonesia. “Amati uang yang diterima, jangan lupa dilihat, diraba, dan diterawang. Jika uang tersebut tekstur lebih halus, mudah rusak, dan tintanya mudah luntur segera melaporkan ke pihak berwajib,” lanjut dia.

Menurutnya, melalui uang palsu salah satu langkah oknum untuk menarik dan membujuk masyarakat agar memilih calon yang mereka jagokan. Pihak kepolisian, menurut dia, tetap melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia untuk mengan­tisipasi peredaran uang palsu selama proses Pilkada.

Wawan mengajak seluruh masya­rakat setempat agar tidak mudah terayu atau tergoda oleh praktik politik uang, dan jika mengetahui ataupun melihat tindak pidana tersebut segera melaporkan ke pihak terkait.

Sementara bagi pasangan calon atau tim pemenangannya yang kedapatan meng­gunakan politik uang untuk meme­nangkan pilkada akan dikenakan sanksi tegas berupa denda dan kurungan sebagaimana diatur dalam undang-undang KHUP pasal 149 tentang penyua­pan dalam pemilihan dengan ancaman hukuman sembilan bulan penjara.

Sementara itu, Ketua Panitia Penga­wasan Pemilih (Panwaslih) Kota Paya­kum­buh, Media Febrina juga me­ngim­bau masyarakat setempat agar lebih mening­katkan kewaspadaan terhadap uang palsu dan politik uang. Selain itu, pihaknya juga meminta agar tidak mudah dibujuk rayu oleh politik uang dan uang palsu. Ia menyarankan tim pemenangan masing-masing pasangan calon agar tidak melaku­kan tindakan melawan hukum saat men­yosiali­sasikan calon ke masyarakat. (h/ben)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 08 Januari 2020 - 09:48:08 WIB

    Prakiraan Cuaca Sumbar Rabu Ini, BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Petir

    Prakiraan Cuaca Sumbar Rabu Ini, BMKG: Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Petir PADANG,HARIANHALUAN.COM-Sejumlah  wilayah Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Rabu ini (8/1/2020). Tidak hanya itu,  turunnya hujan berpotensi pula disertai p.
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 14:35:32 WIB

    OJK Ingatkan Masyarakat Waspadai Pinjaman Online

    OJK Ingatkan Masyarakat Waspadai Pinjaman Online BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Perkembangan tekhnologi saat ini semakin maju, banyak terobosan yang dilakukan orang untuk menghimpun dan menyalurkan dana. Salah satunya pinjaman online, pinjaman itu memang menggiurkan karena.
  • Kamis, 26 September 2019 - 20:06:33 WIB

    Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Wako Padang Panjang Ajak Guru Waspadai Radikalisme

    Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Wako Padang Panjang Ajak Guru Waspadai Radikalisme HARIANHALUAN.COM.Padang Panjang-Kepala Sub Direktorat Propaganda Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Kolonel Pas. Sujatmiko mengatakan bahwa pada hakekatnya radikalisme itu adalah empat hal yang membeahayakan bangsa dan .
  • Ahad, 28 Juli 2019 - 15:33:56 WIB

    Warga Limapuluh Kota Diimbau untuk Waspadai Bencana Kebakaran

    Warga Limapuluh Kota Diimbau untuk Waspadai Bencana Kebakaran LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Limapuluh Kota, sudah memasuki musim kemarau, sudah jarang turun hujan sejak sebulan terakhir. Karena itu, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, mengajak masyarakat daerah ini untuk.
  • Jumat, 09 Juni 2017 - 11:47:41 WIB

    Menjelang Lebaran, BI: Waspadai Peredaran Uang Palsu

    Menjelang Lebaran,  BI: Waspadai Peredaran Uang Palsu PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Bank Indonesia kembali mengimbau masyarakat untuk mewaspadai peredaran uang palsu (upal). Peredaran uang palsu bisa saja terjadi karena tingginya intensitas transaksi menggunakan uang tunai selama .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]