Dukun Gadungan Tipu Warga Dumai Rp70 Juta


Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:34:11 WIB
Dukun Gadungan Tipu Warga Dumai Rp70 Juta Agung Puja Kesuma alias Ki Purbo Lalang Jati diamankan di Mapolresta Pekanbaru, Riau, Senin (10/10). Ki Purbo Lalang Jati yang mengaku dapat menggandakan uang ini ditangkap petugas Kepolisian karena adanya laporan dari salah satu korban, dan kemudian pelaku ditangkap di tempat praktiknya dengan sejumlah barang bukti seperti dupa, minyak balsau, minyak apel jin beserta jubah hitam. (ANTARA)

DUMAI, HALUAN — Se­orang war­ga Dumai  Anton Se­tiawan Wija­ya (23), akhirnya mela­porkan du­kung gadungan, Arm, yang bera­la­mat di Lubuk Gaung, Kecamatan Su­ngai Sem­bilan, Dumai. Korban me­rasa tertipu karena penyakit oran­gtua­­nya tak kunjung sembuh, se­mentara ia telah membayar Rp70 juta.

Usai melapor ke bagian Satuan Reserse Kriminal Kepo­lisian Resor Dumai, saat itu polisi langsung menangkap Arm di kediamannya. Informasi diperoleh di Mapolres Dumai, korban melaporkan Arm dalam kasus penipuan.

“Ya, korban mengalami keru­gian hingga Rp70 juta. Sementara, penyakit orang tuanya tak kunjung sembuh,” ujar AKBP Donald Happy Gin­ting, Kapolres Dumai, kemarin.

Dikatakan Kapolres, kasus peni­puan itu berawal saat kor­ban Anton membawa orang­tuanya yang sakit untuk berobat kepada Arman, pada Juli 2016 lalu. Arm memang dikenal masyarakat dapat menyem­buhkan berbagai penyakit.

“Ia (tersangka) mengatakan, ke­pada korban bahwa aura orang­tuanya sangat gelap dan susah diobati. Untuk menyem­buhkannya, tersangka meminta korban untuk menyiapkan beras 10 kilogram sebanyak 72 ka­rung. Beras itu diakuinya untuk dibagikan kepada fakir miskin,” bebernya.

Belakangan, tersangka justru me­minta uang tunai kepada kor­ban dengan alasan akan mem­be­li sendiri beras yang di­mak­sud. Korban pun mem­berikan uang secara bertahap untuk mem­beli beras.

Sudah tiga bulan berjalan, orang­tua korban tidak kunjung sem­buh. Korban mulai curiga ada yang tidak beres dengan pe­ngo­batan itu. Lalu korban me­minta bantuan orang lain me­nge­cek kebenaran pemberian be­ras sebagai syarat pengobatan itu. Ternyata, pelaku diketahui ti­dak pernah membeli beras dan mem­bagikan kepada fakir mis­kin.

“Uang yang diserahkan kor­ban untuk membeli beras se­bagaimana dikatakan tersangka, ternyata tidak pernah dibelikan,” tukas Kapolres.

Masih kata Ka­polres, saat ini ter­sangka dan se­jumlah barang bukti telah di­amankan guna memper­lancar pro­ses pe­nyi­dikan. (h/zul)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 November 2019 - 10:43:34 WIB

    Dukung Wisata Baru di Padang, PLN Sumbar Hadir di Permindo Night Market

    Dukung Wisata Baru di Padang, PLN Sumbar Hadir di Permindo Night Market PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat turut serta berpartisipasi mendukung gelaran Permindo Night Market yang digadang-gadang sebagai icon baru kota Padang..
  • Jumat, 24 Mei 2019 - 20:01:15 WIB

    Didukung Jalan Baru, Pantai Air Manis Makin Primadona Untuk Libur Lebaran

    Didukung Jalan Baru, Pantai Air Manis Makin Primadona Untuk Libur Lebaran PADANG, HARIANHALUAN.COM – Kawasan wisata Pantai Air Manis Kota Padang bakal menjadi tempat tujuan wisata pilihan bagi pengunjung saat Liburan Idul Fitri 1440 nanti. Hal ini juga didukung dengan telah selesainya pembangunan.
  • Sabtu, 18 Mei 2019 - 22:55:45 WIB

    Dukung Destinasi Wisata Baru, Batik Air Buka Rute ke Luwuk-Sulteng

    Dukung Destinasi Wisata Baru, Batik Air Buka Rute ke Luwuk-Sulteng LUWUK, HARIANHALUAN.COM – Sulawesi Tengah berkontur geografis khas menyerupai lekukan yang begitu menggoda wisatawan dan pebisnis (travelers) untuk berkunjung. Salah satunya ke bagian timur provinsi ini yaitu Kabupaten Bang.
  • Jumat, 28 Juli 2017 - 14:09:04 WIB

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS), yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mendukung penuh seluruh program yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Pessel terkait kemajuan daerah, khusu.
  • Kamis, 21 April 2016 - 01:51:19 WIB

    Pemberantasan Narkoba Butuh Dukungan

    MERANTI, HALUAN — Kapolres Kepu­lau­an Meranti, AKBP Z Pandra Arsyad, me­nyebutkan, perang terhadap narkoba ti­dak hanya dilakukan oleh aparat penegak hu­kum saja. Melainkan harus didukung oleh se­mua pihak, termasuk .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]