Gerakan Menanam Warnai SIMFes


Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:35:23 WIB
Gerakan Menanam Warnai SIMFes TRADISI peserta SIMFes menanam pohon di kebun buah Kandi. (FADIL)

SAWAHLUNTO, HALUAN — Gerakan me­nanam menjadi tradisi tersen­diri dalam pelaksanaan iven Sawahlunto International Music Festival (SIMFes). Setidaknya sejak tiga tahun terakhir, setiap peserta SIM­Fes wajib menanam satu bibit pohon, di Taman Buah Kandi Sawahlunto.

“Ini tradisi yang kita diterapkan di sela-sela kegia­tan SIMFes, yang diikuti para peserta yang mengisi iven musik tahunan kita,” ujar Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, usai menanam pohon buah, di Taman Buah Kandi Sawahlunto, akhir pekan lalu.

Selain untuk memotivasi gerakan menanam di tengah masyarakat, tradisi menanam yang melibatkan peserta SIMFes itu, ditujukan untuk mempromosikan destinasi wisata Kebun Buah Kandi yang dimiliki Sawahlunto.

Sebenarnya, lanjut bapak tiga anak itu, semua tamu kota, yang berkunjung ke Sawahlunto, diajak untuk turut dalam gerakan mena­nam di Taman Buah Kandi, termasuk para menteri, mau­pun pejabat organisasi ver­tikal yang datang ke Sa­wahlunto.

Bagi Ali Yusuf, gerakan menanam dengan membawa para tamu daerah itu, akan mampu mengangkat promosi wisata. Bagaimana tidak, di atas lahan bekas tambang yang gersang, Sawahlunto justu mampu meman­faatkan­nya menjadi kawasan des­tinasi wisata.

“Taman Buah ini sebagai bukti, bahwa setiap kei­nginan dan harapan itu akan bisa terwujud, jika semangat dan kerja keras dilakukan. Bahwa tidak ada yang tidak mung­kin, selagi semangat dan kerja keras masih ada,” teranya. (h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]