KPK Diberondong Praperadilan para Tersangka


Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:47:31 WIB
KPK Diberondong Praperadilan para Tersangka

JAKARTA, HALUAN — Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang angkat bicara terkait maraknya gugatan praperadilan oleh sejumlah tersangka tindak pidana ýkorupsi. Saut mengatakan, meningkatnya gugatan terhadap lembaga antirasuah menambah beban kerja pada bagian biro hukum, terutama dalam mengatur strategi untuk memenuhi alat bukti di persidangan.

“Beban biro hukum yang dipimpin pak Setiadi (Kabiro Hukum) bertambah itu sudah pasti, dimana beliau harus mengatur waktu selain ngu­rusi proses di pengadilan juga strateginya seperti apa,” ujar Saut melalui pesan sing­katnya, Senin (10/10).

Kendati demikian, Saut memastikaný bahwa tren praperadilan yang harus diha­dapi KPK, tidak akan meng­ganggu proses penyidikan dan penyelidikan sebuah perkara yang sedang dita­ngani penyidik. Ia menilai, gugatan praperadilan me­nam­bah pembangunan hu­kum di Indonesia.

“Secara umum KPK ti­dak terpengaruh apalagi sam­pai ganggu fokusnya, tidak sama sekali, ýsaya menilai inilah pembangunan hukum negara kita, yang harus kita hormati secara normatif,” katanya membeberkan.

Saut menyebutkan, gu­gatan praperadilan meru­pakan suatu tantangan untuk membuktikan proses peny­i­dikan dan penyelidikan lem­baga KPK yang nantinya akan dibawa ke Pengadilan. Pihaknya pun tertantang dengan gugatan praperadilan yang dilayangkan para ter­sangka.

“KPK juga memang per­lu tantangan agar tetap tegas dalam membawa para pe­langgar UU TPK (Tindak Pidana Korupsi) ke depan pengadilan,” ucapnya.

Diketahui sebelumnya, gugatan praperadilan Gu­bernur Sulawesi Tenggra (Sul­tra) Nur Alam dan gu­ga­tan Man­tan Menteri Kesehatan RI, Siti Fadilah Supari tengah berproses di pengadilan. Selain itu, KPK juga dijadwalkan harus meng­hadapi gugatan praperadilan mantan Ketua DPD RI, Irman Gusman, yang akan disi­dang­kan pada Selasa (18/10). (h/okz)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 15:05:31 WIB

    Waduh! Penanganan Covid-19 Juga Rawan Korupsi, KPK: Setidaknya Ada Empat Titik

    Waduh! Penanganan Covid-19 Juga Rawan Korupsi, KPK: Setidaknya Ada Empat Titik HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyebut setidaknya terdapat empat titik yang rawan kasus korupsi dalam penanganan virus corona (Covid-19) oleh pemerintah..
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 06:41:12 WIB

    Mahasiswa Ingin KPK Periksa Airlangga dan Sri Mulyani, Ada Apa Ya?

    Mahasiswa Ingin KPK Periksa Airlangga dan Sri Mulyani, Ada Apa Ya? HARIANHALUAN.COM -- Komando Aksi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (Kompak) menggelar aksi meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengusut dugaan korupsi dan mengawal proyek Kartu Prakerja. Proyek Kartu Prakerja y.
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 22:55:48 WIB

    KPK Masukkan Taipan Samin Tan ke Dalam DPO

    KPK Masukkan Taipan Samin Tan ke Dalam DPO JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memasukkan nama tersangka pengusaha Samin Tan ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). Langkah ini ditempuh usai bos PT Borneo Lumbung Energy & Metal itu tidak meme.
  • Senin, 04 Mei 2020 - 10:38:01 WIB

    Kasus Romahurmuziy, Eks Pimpinan Dukung Langkah KPK Ajukan Kasasi

    Kasus Romahurmuziy, Eks Pimpinan Dukung Langkah KPK Ajukan Kasasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Eks Pimpinan KPK Buysro Muqoddas menyebut KPK telah tepat mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan Pengadilan Tinggi DKI terhadap banding eks Ketua Umum PPP Romahurmuzii atau Rommy..
  • Rabu, 29 April 2020 - 21:48:10 WIB

    Jangan Main-Main! KPK Bakal Hukum Mati Koruptor Bantuan Corona

    Jangan Main-Main! KPK Bakal Hukum Mati Koruptor Bantuan Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) fokus mengawasi penggunaan dana bencana penanganan Covid-19 yang begitu besar. KPK mengingatkan koruptor dana bencana akan dijerat dengan tuntutan hukuman mati.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]