Hari ini, Batas Akhir Penelitian Dokumen Calon


Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:50:34 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — KPU Kota Pa­yakumbuh terus meneliti berkas syarat ke­enam kandidat Calon Wali Kota dan Wa­kil Wali Kota Payakumbuh. Penelitian ter­sebut akan berakhir hingga Selas (11/10) ini.

 ”Penelitian berkas pencalonan dari 5 hing­ga 11 Oktober ini. Setelah itu, dilaku­kan penelitian lanjutan terhadap berkas ke­enam calon,” ucap Khadafi Komisioner KPU Ko­ta Payakumbuh pada Senin (10/10)  siang.

Penelitian lanjutan tersebut, berupa melakukan verifikasi terhadap berkas ke­enam calon ke lembaga dan instansi yang me­ngeluarkan sejumlah dokumen syarat pen­calonan  Kepala Daerah Pilkada 2017. Se­perti ke Kantor Pajak, Kepolisian, Penga­dilan dan beberapa lembaga lainnya. “Ini untuk membuktikan, apakah benar instansi yang bersangkutan mengeluarkan surat terhadap kandidat calon,”ucapnya lagi.

Contohnya pada laporan pajak pada Erwin Yunas bakal calon pendamping Riza Falepi, pada surat tersebut tanpa ditan­datangani oleh Kepala Kantor Pajak tetapi pada surat itu dibubuhi oleh stempel. “Ini yang perlu diverifikasi, apakah benar kantor yang bersangkutan mengeluarkan surat bagi bakal calon,” terang Khadafi lagi.

 Begitu juga pada Fitrial Bachri yang memiliki nama berbeda pada KTP dan ijazah. Meski sudah ada keputusan dari pengadilan negeri, KPU akan memverifikasi ke Pengadilan yang bersangkutan, apakah benar pernah mengeluarkan keputusan terhadap  Fitrial Bachri sekaligus bakal calon Wakil dari Suwandel Muchtar. “KPU memverifikasi ke lembaga dan instansi yang bersangkutan. Penelitian lanjutan ini juga butuh kehati-hatian KPU,”terangnya.

Penelitian lanjutan tersebut akan berlangsung hingga 23 Oktober mendatang. “Setelah diteliti dan diverifikasi, kemudian  pada 24 Oktober pasangan calon ditetap­kan. Dan 25 Oktober pengundian nomor urut pasanan calon. Ini tahapan Pilkada Payakumbuh yang digelar 15 Februari 2017 mendatang,” jelas Khadari. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 12 Februari 2020 - 09:55:52 WIB

    Siap-siap..! Hari Ini DPR Akan 'Disegel'

    Siap-siap..! Hari Ini DPR Akan 'Disegel' JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Aliansi Tangkap Maling Jiwasraya atau ATMAJA berencana mengadakan aksi di depan Geding DPR siang hari ini..
  • Senin, 30 Desember 2019 - 08:04:17 WIB

    Ahmad Dhani Bebas Hari Ini

    Ahmad Dhani Bebas Hari Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Musisi Ahmad Dhani akhirnya bebas. Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Sri Puguh Budi Utami mengatakan, Dhani akan keluar dari Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur hari ini, Senin (30/12.
  • Jumat, 13 Desember 2019 - 19:27:42 WIB

    Begini Ancaman Massa 212 Jika 15 Hari Sukmawati Tak Diproses

    Begini Ancaman Massa 212 Jika 15 Hari Sukmawati Tak Diproses JAKARTA, HARIANHAALUAN.COM - Massa aksi dari Presidium Alumni 212 Jakarta Raya dan Front Pembela Islam (FPI) yang tergabung dalam Aksi Bela Islam Bela Rasulullah memberi tenggat waktu 15 hari bagi kepolisian untuk memproses h.
  • Kamis, 03 Oktober 2019 - 08:57:15 WIB

    Wah! Baru Dua Hari Dilantik, Mulan Jameela Digugat ke Pengadilan

    Wah! Baru Dua Hari Dilantik, Mulan Jameela Digugat ke Pengadilan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Meski sudah dilantik sebagai Anggota DPR RI tanggal 1 Oktober kemarin, ternyata persoalan lolosnya Mulan Jameela ke Senayan belum tuntas.  Keabsahan Mulan Jameela sebagai Anggota DPR dari Fraksi.
  • Rabu, 24 Juli 2019 - 10:10:17 WIB

    Prabowo, Megawati dan Jokowi Gelar Pertemuan Hari Ini?

    Prabowo, Megawati dan Jokowi Gelar Pertemuan Hari Ini? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Setelah pertemuan mengejutkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto – Presiden Joko Widodo di Stasiun MRT Lebak Bulus beberapa hari lalu, kini giliran Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]