Konco Coffee, Harga Terjangkau Rasa Berkualitas


Selasa, 11 Oktober 2016 - 01:54:56 WIB
Konco Coffee, Harga Terjangkau Rasa Berkualitas Ada ratusan pengunjung setiap hari untuk menikmati kopi di tempat ini. Setiap bulan, Konco Coffe menghabiskan 30kg hingga 50 kg kopi dan meraup omzet sekitar Rp20 juta. (MELATI OKTAWINA)

PADANG, HALUAN — Kon­co Coffee tak seperti kebanyakan tempat minum kopi maupun kafe lainnya di Padang, yang biasanya lebih mementingkan desain dan aksesoris berlebihan. Pasalnya, tempat nongkrong yang buka Agustus tahun lalu itu, hadir dengan konsep sederhana yang nyaman.

Fajri Jumaiza (22), Pemilik Konco Coffee di Jalan Dr. M. Hatta No 2, Pasar Ambacang, Kota Padang, Senin (10/10) menyatakan, setiap hari ada ratusan pengunjung yang datang ke sana. Tak hanya menyediakan kopi, tetapi juga minuman lain­nya, seperti milkshake dan makanan.

“Harga yang ditawarkan untuk penikmat kopi juga sangat terjangkau, mulai dari Rp6 ribu hingga Rp10 ribu, karena yang minum di sini kebanyakan ma­ha­siswa,” ujar Fajri yang masih tercatat sebagai mahasiswa Per­tanian Unand itu.

Sedangkan untuk makanan, juga tak jauh beda, berkisar Rp6 ribu hingga Rp15 ribu. Me­nurut­nya, tidak perlu mengambil untung banyak, yang penting banyak laku. Selain itu, rasa yang ditawarkan berkualitas.

Kebanyakan kopi yang dijual Konco Coffee adalah kopi Solok. Namun untuk jenis kopi lainnya, juga tersedia di tempat ini. Untuk mendapat pasokan kopi secara tetap, dia bekerjasama dengan Koperasi Solok Raja. Setiap bulannya, Konco Coffee bisa menghabiskan 30kg hingga 50 kg kopi.

“Satu kilogram kopi bisa untuk seratus cangkir kopi. Setiap hari minimal 50 cangkir kopi terjual. Karena itu, omzet perbulan mencapai sekitar Rp20 jutaan,” tutur Fajri.

Menanggapi begitu banyak usaha kopi di Kota Padang, Fajri tak gentar. Seperti biasa, dia buka mulai pukul 15.00 WIB hingga 24.00 WIB dengan mot­to, menjual rasa bukan tempat. Menurutnya, jika hanya menjual tempat kepada konsumen, maka konsumen tersebut tidak akan kembali lagi.

“Jika hanya jual tempat, maka konsumen hanya akan datang satu kali untuk berfoto saja. Namun jika yang kita jual adalah rasa, maka konsumen tersebut akan terus datang kem­bali, dan bahkan mere­komen­dasi­kannya kepada orang lain,” kata Fajri.

Selain menjaga rasa, yang perlu diperhatikan adalah kuali­tas bahan, pelayanan kepada konsumen dan juga harga. Fajri sendiri ikut turun tangan mela­yani konsumen yang datang. Dia juga melibatkan 7 orang rekan­nya sesama mahasiswa dalam melayani pelanggan. (h/mg-mel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]