IAIN Gelar Batusangkar International Conference


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:06:00 WIB
IAIN Gelar Batusangkar International Conference Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, DR Syukri Iska.

TANAH DATAR, HALUAN — Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batu­sang­kar akan mengadakan Batusangkar International Conference  (BIC) I bertemakan Integration and Interconection of Science, the Reflection of Islam Kaffah, 15-16 Oktober 2016 mendatang.

Direktur Pascasarjana IAIN Batusangkar, DR Syu­kri Iska, Senin (10/5) me­nga­takan, seminar ini bertujuan mencari format yang tepat dan efektif dalam me­ngin­teg­ra­s­ikan dan mengin­ter­ko­nek­sikan sains (ilmu penge­tahuan) dan tekhologi sebagai refleksi Islam yang kafah.

Menurutnya, selama ini masyarakat internasional bahkan Indonesia sendiri, sering menganggap ilmu-ilmu agama Islam hanya membahas tentang agama tidak pengetahuan lainnya. Pemahaman ini dinilai sangat sempit, karena Islam juga mengkaji tentang penge­tahuan lain seperti ekonomi, fisika dan lainnya.

“Hanya mengkaji tentang fikih, tafsir, hadis, tauhid dan hal-hal yang ber­kaitan deng­an ritual  keagamaan saja,” ung­kap Syukri Iska didampingi Wadir Pascasarjana Sus­wati Endriani dan Kasi Humas Kardinal.

Menurutnya ma­sya­rakat seakan me­m­posisikan urusan ekonomi, fisika, ki­mia, biologi, ma­te­matika, sosiologi, antro­pologi, politik dan lainnya adalah ilmu umum yang terkesan steril dari kajian agama.

Padahal, menurut Syukri Iska, sesungguhnya Alquran sebagaimana disebut juga dengan ayat-ayat qauliyah, bagaikan juga ayat-ayat Al­lah dalam ber­ben­tuk ka­uni­yah, tertuang dalam fe­no­mena al­am so­sial be­­risi semua aspek, baik ten­tang sains, ma­te­ma­tika, teknologi, ke­pe­mim­pi­na­n, politik dan se­bagainya.

Lebih lan­jut ia men­ye­butkan, na­ra­sumber se­minar BIC ini nanti adalah Men­ris­tekdikti Prof Dr Mu­ham­mad Nasir, sedangkan narasumber utama adalah Rektor Uni­ver­sitas Sains Islam Malaysia Prof Dr Musa Ahmad, Imam Suprayogo dari UIN Malang, Osman Bakar dari Unversitas Brunei Darussalam dan Agus Pur­wanto dari ITS, Mu­ham­mad Shofa Haggy dari Uiver­sity Saudi Arabia. Un­tuk nara­sumber kelas paralel dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Seminar BIC tersebut akan disegelar selama dua hari tang­gal 15-16 Oktober mendatang, di Kampus IAIN Batusangkar. Akan diawali dengan Forum Direktur Pro­gram Pasca Sar­jana Per­guruan Tinggi Ke­agamaan Islam se-Indonesia yang bera­gendakan Konsolidasi Pro­gram Pascasarjana. (h/fma)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 15 September 2019 - 16:41:10 WIB

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam

    Mahasiswa IAIN Bukittinggi PPL di BPBD Agam AGAM, HARIANHALUAN.COM - Delapan orang mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Bukittinggi melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di BPBD Kabupaten Agam..
  • Kamis, 22 Desember 2016 - 00:40:26 WIB

    LP2M IAIN Bukittinggi Gelar Workshop

    BUKITTINGGI, HALUAN - Gender dan anak saat ini menjadi perhatian oleh masyarakat. Berbagai persoalan dan isu sosial muncul dari persoalan gender dan anak ini. Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LP2M) IAIN Bukitti.
  • Senin, 05 Desember 2016 - 01:02:25 WIB

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara

    IAIN Bukittinggi Perkuat Jaringan di Asia Tenggara BUKITTINGGI, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi terus melakukan penguatan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, terutama di kawasan Asia Tenggara. Dijadikannya kawasan Asia Tenggara sebagai prior.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 01:24:55 WIB

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam

    FEBI IAIN Bukittinggi Tingkatkan Regulasi Perekonomian Islam BUKITTINGGI, HALUAN — Perekonomian Islam di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang secara signifikan. Di sektor keua­ngan syariah misalnya saat ini sudah banyak bank-bank syariah yang me­nga­lami pertumbuhan dari ta­.
  • Kamis, 01 Desember 2016 - 00:36:59 WIB

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah

    Mahasiswa SA IAIN Bukittinggi Mengabdi di Lambah BUKITTINGGI, HALUAN — Berbagai bentuk dan cara pe­ngab­dian dilakukan oleh Mahasiswa IAIN Bukittinggi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan pengabdian terhadap masyarakat..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]