DENGAN DANA DESA

Infrastruktur Nagari Koto Baru Mulus


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:24:24 WIB
Infrastruktur Nagari Koto Baru Mulus Wali Nagari Koto Baru, H. Zulhendrayani sedang melihat para pekerja sedang merabat beton jalan Korong Solok Pintu Gabang, Senin (10/10). (BUSTANUL ARIFIN)

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Masyarakat Nagari Koto Baru, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman sekarang ini sudah merasakan kamajuan nagarinya, karena selama ini banyak jalan yang bisa dilewati jalan kaki dan kendaraan roda dua dan sekarang beberapa titik jalan sudah mulai mulus dengan rabat beton, dulu sebelum dirabat beton jalan tersebut seperti kubangan kerbau ketika musim hujan karena banyak genangan air yang berada disepanjang jalan dalam nagari itu.

Dengan adanya dana desa, sangat membantu sekali untuk kemajuan nagari bahkan juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, karena untuk melakukan pengerjaan rabat beton jalan dikerjakan oleh masyarakat dalam nagari. Wali Nagari Koto Baru, H. Zul­hendrayani kepada Haluan, Senin (10/10) kepada Haluan menyebutkan, memang dana desa ini sangat membantu sekali untuk pembangunan nagari, dan dinagari diuta­makan untuk pembanguan infrastruktur untuk memu­dahkan akses menuju kantor nagari serta pasar kecamatan.

Dia mejelaskan, untuk se­ka­rang ini nagari yang dipim­pinnya mendapatkan dana desa sebanyak Rp 649 juta, dengan dana sebanyak itu dilakukan pembangunan in­fra­struktur jalan dengan rabat beton sebanyak tiga titik. “Jalan dari Korong Kampuang Cubadak menuju Korong So­lok Pintu Gabang dirabat beton dengan panjangnya sekitar 440 meter, jalan La­kuak Batuang di Korong Kam­puang Cubadak sekitar 645 meter, serta jalan Puncak Luhuang, Korong Tungka Kampuang Panyalai sekitar 314 meter,” terang H. Zul­hendrayani.

Selain infrastruktur kata­nya, dana desa tersebut juga digunakan untuk mem­per­baiki irigasi di Kampuang Panyalai sepanjang 141 meter, serta pengamanan dengan bronjong Irigasi Kukuran se­panjang 28 meter.

“Dengan perbaiki irigasi ini sangat membantu sekali bagi para petani, karena selama ini masih ada petani yang meng­harapkan air hujan untuk turun kesawah, akan tetapi sekarang sudah bisa bercocok tanam dengan lancar, karena air sidah mengalir dengan lancar,” katanya.

Katanya, dana desa yang sekarang ini diutamakan un­tuk fisik, karena dalam nagari ini masih banyak jalan tanah yang belum ada aspal, karena akses jalan dalam nagari ini sangat dibutuhkan oleh mas­ya­rakat. “Fisik diutamakan untuk merabat beton jalan, dan untuk tahun yang akan datang tentu dana tersebut akan dilakukan untuk pem­berdayaan masya­rakat,” tambahnya.

Dengan semua ini, mas­yarakat nagari ini sudah merasa lega, karena sebelum jalan dirabat beton semua harga hasil bumi dinagari ini dibeli dengan harga yang lebih murah oleh para pembeli, dan sekarang ini tidak lagi. “Biasanya, semua hasil bumi harganya lebih murah, dan dengan jalan telah bagus masyarakat dengan sendirinya  membawa langsung kepasar kecamatan,” ulas H. Zul­hendrayani. (h/bus)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 09 Oktober 2019 - 13:07:12 WIB

    Infrastruktur Lima Kecamatan di Pasaman Masih Tertinggal

    Infrastruktur Lima Kecamatan di Pasaman Masih Tertinggal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - 8 Oktober 2019 kemarin, Kabupaten Pasaman genap berusia 74 tahun. Usia yang sangat matang bagi sebuah daerah dalam perkembangan pembangunannya..
  • Rabu, 03 Juli 2019 - 15:32:36 WIB

    Infrastruktur di Dharmasraya Merambah Hingga ke Nagari

    Infrastruktur di Dharmasraya Merambah Hingga ke Nagari DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang saat ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi perdesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai. .
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:29:05 WIB

    Batu Hampar Selatan Fokus Pembangunan Infrastruktur Nagari

    Batu Hampar Selatan Fokus Pembangunan Infrastruktur Nagari PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kenagarian Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, saat ini tengah giat melakukan pembangunan insfrasruktur, seperti jalan usaha tani, jaringan irigasi, pembangunan dranase (tali bandar) dan.
  • Selasa, 21 Mei 2019 - 15:59:00 WIB

    Wako Payakumbuh dan PUPR Sidak Infrastruktur

    Wako Payakumbuh dan PUPR Sidak Infrastruktur PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Untuk memastikan pembangunan infrastruktur berjalan dengan baik, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi sidak kondisi infrastruktur di Kota Payakumbuh, Senin (20/5). Turut mendampingi Kepala Dinas Pe.
  • Jumat, 17 Mei 2019 - 14:48:42 WIB

    Infrastruktur Mapattunggul Masih Jauh Tertinggal

    Infrastruktur Mapattunggul Masih Jauh Tertinggal PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Mapattunggul, meminta Bupati Pasaman, Yusuf Lubis tidak tutup mata terkait sejumlah persoalan yang tengah dihadapi warganya disana. Pasalnya, warga dikecamatan terpencil itu merasa diana.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]