Jalan Provinsi di Limapuluhkota Amblas, Keselamatan Warga Terancam


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:25:11 WIB
Jalan Provinsi di Limapuluhkota Amblas, Keselamatan Warga Terancam Inilah ruas jalan Provinsi yang amblas di Pangkalan dan mengancam keselamatan pengguna. (DADANG ESMANA)

Limapuluh Kota, Haluan — Ruas jalan propinsi yang berada di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, ancam keselamatan pengguna jalan tersebut. Hal itu dampak dari menganganya ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Pangkalan dengan Kapur IX hingga ke Pasaman akibat amblas pasca banjir Februari 2016 lalu.

 

“Jalan amblas semenjak banjir yang melanda Keca­matan Pangkalan pada Fe­bruari lalu. Setidaknya, 100 meter ruas jalan dibawa arus sungai yang berada persis di pinggir jalan,”ucap Andri Yasmen Camat Pang­kalan baru-baru ini.

 

Separuh ruas jalan yang ter­letak di Nagari Gunuang Ma­lin­tang itu, amblas ke­da­lam sungai Batang Maek yang berada persis dipinggri ja­lan itu.

 

“Tebing sungai ter­ki­kis akibat derasnya arus air saat banjir lalu,” ucap Camat la­gi.

 

Akses jalan tersebut, ucapnya merupakan peng­hubung utama bagi masyara­kat Pangkalan dan Kapur IX.

 

“Ada dua titik ruas jalan yang amblas. Padahal jalan terse­but merupakan jalur peng­hubung utama bagi masya­rakat,” katanya lagi.

 

Kata Camat, semenjak amblas pada Februari lalu, sampai kini belum ada upaya perbaikan yang dilakukan oleh Pemprov Sumbar.

 

“Be­berapa waktu lalu, ada peng­guna jalan yang jatuh ke dalam lobang lokasi jalan amblas. Untung korban tidak mengalami luka berat,”ucap camat lagi.

 

Untuk antisipasi adanya korban yang terlan jur masuk ke lokasi jalan amblas, warga setempat memberikan rambu pengamanan di ujung jalan.

 

“Untuk perbaikan, kita sudah mengusulkan ke anggota DPRD Sumbar, tetapi sampai saat belum ada realisasi. “Ini juga sudah kita usulkan untuk dibaiki tetapi belum ada responnya,” pungkas Camat. (h/ddg)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]