Kemenag Padang Sumpah 101 PNS


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:31:16 WIB
Kemenag Padang Sumpah 101 PNS PENGAMBILAN sumpah pNS di lingkungan kemenag Padang di Aula Kemenag, Senin (10/10). (RINA AKMAL)

PADANG, HALUAN—Paling lambat akhir Oktober 2016 semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di lingkungan Kementrian Aga­ma (Kemenag) Kota Padang sudah dilakukan sumpah, karena bukti pengambilan sumpah ini penting bagi PNS hingga pengurusan pensiun.

Kepala Kantor Ke­men­terian Agama Drs, H Ja­peri,M.M didampingi Ka­subag Tu Eri iswandi me­ngatakan, pengambilan sum­pah ini perlu dilakuka karena selain terkait Undang-undang nomor 8 tahun 1974 yang mewajibkan PNS untuk di sumpah juga berkaitan de­ngan hak dan kewajibannya sebagai PNS.

“Saat ini kami sedang melakukan pendataan berapa jumlah PNS yang sudah dan belum melakukan sumpah, dan kami berharap sebelum habis bulan Oktober pengam­bilan sumpah ini sudah selesai semuanya,” ujarnya, usai pengambilan sumpah pNS di lingkungan kemenag Padang di Aula Kemenag, Senin (10/10).

Pengambilan sumpah ini dilakukan oleh 101 orang PNS, 78 diantaranya ada yang lama. Permasalahan PNS yang lama baru diambil sumpahnya ini karena dua hal, yang pertama karena memang belum pernah sama sekali disumpah, dan yang kedua sudah pernah di­sumpah namun buktinya hilang.

Dalam pengambilan sum­pah ini ia juga mengatakan, Kemenag tidak ada meminta atau memungut biaya apapun karena memang tidak ada aturan untuk pemungu­tan­nya.

Pengambilan sumpah ini dilakukan agar seluruh pega­wai benar-benar setia pada negara, pada lembaganya pada UUD 1945 Pancasila. Artinya, tidak ada celah atau kemungkinan bagi yang telah disumpah untuk melakukan penyelewengan atau korupsi bahkan hal-hal yang dapat mempermalukan bangsa In­donesia.

Selain itu, juga bertujuan agar PNS bermental baik, dan tidak berani berbuat curang. “Kadang, baru saja naik Tunjangan Kinerjanya (Tukin) sudah mulai me­ngincar-incar istri kedua,” ujarnya seraya bergurau.

Hal lainnya agar PNS penuh rasa tanggungjawab, jujur, kalimat dalam sumpah harus dihayati dan diingat-ingat dan seorang PNS harus pandai memanfaatkan wak­tunya. Ia mengingatkan, agar PNS bekerja sesuai dengan jam yang telah ditentukan, PNS harus bekerja 7,5 jam dalam sehari. (h/rin)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]