Pedagang Ikan Melebihi Kapasitas, Inpres IV Tak Mampu Menampung


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:33:25 WIB

PADANG, HALUAN — Pasar Inpres IV yang difungsikan  untuk pedagang ikan di Pasar Raya Padang tak mampu menampung seluruh pedagang ikan.

Dari 175 pedagang ikan yang ada, Inpres IV lantai 1 tersebut hanya mampu me­nampung 104 pedagang saja. Akibatnya, 51 pedagang harus berjualan tidak pada tem­patnya.

Kepala Dinas Pasar Padang Endrizal saat ditemui Haluan, Senin (10/10) di ruang kerja­nya menyampaikan bahwa pedagang ikan memang mele­bihi kapasitasnya.

Tempat yang disediakan hanya berjumlah 104 namun yang akan masuk 175 pe­dagang, jadi selebihnya pe­dagang ikan berada di Jalan Sandang Pangan.

“Kapasitasnya tidak men­cukupi karena untuk lantai 1 kita hanya bagi pedagang ikan saja, namun untuk lantai 2 akan diisi oleh pedagang daging nantinya.

Untuk 51 pedagang ikan nantinya akan kita carikan tempatnya. Namun saat ini sementara pedagang tersebut berada di Jalan Sandang Pa­ngan,” terangnya.

Dikatakannya, untuk lantai 2 yang saat ini sedang dalam pengerjaan akan diisi sebanyak 150 pedagang daging.

“Meskipun saat ini jumlah pedagang daging sedikit di­ban­­dingkan dengan kapasitas yang disediakan namun tidak bisa dicampurkan antara pe­dagang ikan dan daging,” tam­bahnya.

Soal sesaknya Jalan San­dang Pangan yang juga dise­babkan oleh pedagang ikan, Endrizal mengatakan karena dihukum kondisi. Pem­ba­ngu­nan pasar yang sedang ber­jalan membuat kondisi tidak tertata.

“Pedagang dan pengun­jung diharapkan mengerti dengan kondisi tersebut. Kondisi akan bisa di­sem­purnakan jika pem­bangunan pasar selesai dan fungsi jalan akan kita kem­balikan. Na­mun saat ini petugas kita terus berjaga dan mela­kukan pengawasan,” pung­kasnya. (h/win)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]