DPRD MINTA BPK AUDIT ANGGARAN KONI

Biaya Pimpinan KONI Rp183 Juta


Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:40:21 WIB

PADANG, HALUAN — Anggota DPRD Sumbar mengkritisi penggunaan anggaran oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumbar. DPRD menilai penggunaan dana banyak yang tak tepat. Karena hal itu juga Audit khusus diminta dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Anggota Badan Angaran (Banggar) DPRD Sumbar, Marlis di Gedung DPRD Sumbar, Senin (10/10) mengatakan, pengunaan dana KONI dinilai tak tepat karena banyak kejanggalan yang ditemukan.

Marlis menyebut, anggaran yang janggal diantaranya berhubungan dengan perbaikan alat fitnesh yang terbilang besar yakninya sebesar Rp70 juta. Kemudian ada biaya bantuan operasional pimpinanan KONI senilai Rp183 juta yang juga dinilai cukup janggal.

Tak hanya itu, pada pemba­hasan di DPRD dana KONI yang telah dikucurkan Rp30 miliar juga mendapat sorotan. Anggaran tadi rencananya sudah termasuk untuk bonus atlet. Namun menje­lang pembahasan APBD peruba­han (APBD-P) Koni mengaku anggaran Rp30 miliar tersebut tak cukup.

Karenanya KONI mengajukan lagi Rp8,5 Miliar di APBD-P. Rinciannya adalah bonus atlet Rp7,4 miliar, pembinaan jangka panjang atlet Rp620 juta, ter­masuk untuk biaya Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI atau pemilihan ketua KONI Rp443 juta lebih.

“Sebahagian dari anggaran Rp30 miliar tadi ada yang digu­nakan untuk hal yang tak seha­rusnya. Karenanya mayoritas ang­gota Banggar meminta BPK mela­kukan audit khusus,” papar Marlis.

Berkaitan dengan bonus atlet yang diajukan di APBD peruba­han, menurut dia DPRD setuju untuk hal yang satu ini. “Untuk bonus atlet kita setuju, namun akan dihitung lagi berapa real­nya,” ulas Marlis.

Ia menuturkan, saat ini SKPD sangat kesulitan memperjuang­kan anggaran yang berkaitan dengan rakyat. Penyebabnya adalah pemangkasan. Hal ini juga menjadi alasan DPRD menyetujui dilakukan. Dengan demikian jelas kemana penggunaan anggaran selama ini.

Anggota Banggar yang lain, Hidayat menyebutkan, dari rapat Banggar hingga sore kemarin, hampir semua anggota sepakat BPK melakukan audit khusus terhadap pengunaan alokasi dana hibah KONI Sumbar. (h/len)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 05 Januari 2018 - 19:42:10 WIB

    Istri Wako Bantu Biaya Bersalin

    Istri Wako Bantu Biaya Bersalin PADANG, HARIANHALUAN.COM--Menjadi 'first lady' Kota Padang tidak serta merta membuat Umi Harneli Bahar berjarak dengan warga, justru perhatiannya semakin banyak tercurah untuk kemanusiaan dan kegiatan sosial. Ini dilakukannya.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 05:01:59 WIB

    Calon Mahasiswa UNP Keluhkan Biaya Kuliah

    PADANG, HALUAN — Sejumlah calon mahasiswa baru jalur seleksi mandiri Universitas Negeri Padang (UNP) mengeluhkan mahalnya biaya kuliah. Untuk bisa kuliah di Jurusan Teknik Mesin, misalnya, mahasiswa harus merogoh kocek sebe.
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 11:28:07 WIB

    Curi Motor Buat Biaya Nikah

    PADANG, HALUAN — Dua orang pelaku curanmor roda dua diamankan oleh Satreskrim Polsek Padang Timur, Minggu (7/8) sekitar pukul 21.00 WIB..
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 07:04:15 WIB

    LAZ Semen Padang Bantu Biaya Masuk Sekolah

    LAZ Semen Padang Bantu Biaya Masuk Sekolah PADANG, HALUAN — Lembaga Amil Zakat (LAZ) Semen Padang kembali me­nunjukkan kepedulian ter­hadap pendidikan anak ku­rang mampu. Setelah rutin me­nyalurkan beasiswa setiap semester, kali ini LAZ Semen Padang mem­bantu b.
  • Sabtu, 07 Mei 2016 - 03:00:09 WIB

    Biaya Haji Turun

    Biaya Haji Turun PADANG, HALUAN — Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) bersama Komisi VIII DPR RI sepakat, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2016 mengalami penurunan mencapai Rp2 juta..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]