Marak, Aksi Selingkuh Pasutri di Padang


Selasa, 11 Oktober 2016 - 14:27:26 WIB
Marak, Aksi Selingkuh Pasutri di Padang

PADANG, HALUAN — Hingga September 2016 lalu, tercatat 938 pasangan suami istri mengajukan gugat cerai di Pengadilan Agama (PA) Padang. Dari angka sebanyak itu, selingkuh alias pengaruh orang ketiga menjadi pemicu terbesar pengajuan gugat cerai tersebut.

Menurut Humas PA Padang, Drs H Januar, angka 938 itu diperkirakan akan terus meningkat karena trend nya demikian. Dibanding dengan periode sebelumnya, angka pengajuan gugat cerai tahun ini lebih tinggi 10 persen disbanding periode sebelumnya.

Peningkatan itu tergambar dari banyaknya jumlah perkara dan permohonan yang diterima PA Padang dari Januari hingga bulan September mencapai 938 data. Diperkiran jumlah ini akan meningkat sampai Desember nanti," tegas Januar saat ditemui Haluan, Selasa (11/10) ini.

Adapun penyebab perceraian terbagi atas empat faktor, diurutkan berdasarkan banyak kasusnya. Pertama terjadinya pertengkaran yang terus-menerus yang disebabkan hadirnya orang ketiga, kedua suami melanggar taklik-taklak, ketiga salah satu pasangan pemabok, pemadat, dan penjudi, keempat, Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Dari fakta ini maka banyak kasus yang ditangani PA Padang berasal dari cerai gugat yang diminta oleh sang istri. Pada umumnya perceraian yang banyak terjadi pada pasangan muda. Kisaran umur pasangan yang bercerai dari 20-40 tahun.

Januar menghimbau kepada pasangan suami istri, terutama bagi pasangan muda untuk memikirkan semua tindakan apalagi jika ingin bercerai, karena dampaknya sangat besar terhadap anak.(h/mg-rul)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Mei 2016 - 16:40:18 WIB

    Gawai Marak, Perpustakaan tak Akan Ditinggalkan

    Gawai Marak, Perpustakaan tak Akan Ditinggalkan PADANG, HALUAN – Perpustakaan konvensional tak takut bersaing dengan dunia digital di tengah semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi. Khususnya meningkatnya pemakaian internet oleh masyarakat. Termasuk dalam menga.
  • Kamis, 25 Juni 2015 - 18:45:34 WIB

    Baliho tak Berizin Marak, Pemko Harus Aktif

    PADANG, HALUAN — Menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang juga diikuti oleh pe­milihan gubernur (Pilgub) Sumatera Barat, beberapa baliho calon sudah bertebaran.

    Namun baliho yan.

  • Rabu, 25 Maret 2015 - 19:40:01 WIB

    Baliho Marak, Kontribusi PAD Tak Banyak

    PADANG, HALUAN — Jelang Pilgub 2015 ini, jalan-jalan di Kota Padang sudah disesaki baliho, spanduk dan poster para calon yang berniat maju sebagai gubernur. Namun, dari jumlah itu tak banyak yang taat p.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]