Xaveriandy Sutanto Datang Dikawal KPK, Sidang Gula Tanpa Label SNI Dilanjutkan


Selasa, 11 Oktober 2016 - 15:12:27 WIB
Xaveriandy Sutanto Datang Dikawal KPK, Sidang Gula Tanpa Label SNI Dilanjutkan XAVERIANDY Sutanto, terdakwa dugaan kasus peredaran gula tanpa label kembali menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Padang, Selasa (11/10). Ishaq

PADANG, HALUAN – Setelah tiga agenda sebelumnya ditunda, sidang dugaan peredaran gula tanpa label Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan terdakwa Mantan Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandy Sutanto kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Padang, Selasa (11/10).

Xaveriandy Sutanto alias Tanto hadir mengenakan kemeja batik cokelat, didampingi dua Penasihat Hukum (PH), dan mendapat pengawalan dari KPK dan petugas dari Polda Sumbar.

Sebelumnya, sidang diagendakan dengan mendengarkan saksi yang meringankan (a de charge), namun urung digelar karena terdakwa belum bisa menghadirkan saksi tersebut.

Majelis hakim yang diketuai Amin Ismanto dengan hakim anggota Sri Hartati dan Sutedjo memutuskan sidang tetap dilanjutkan dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Dalam keterangannya, Tanto mengaku baru mengetahui secara lisan pada 7 April, bahwa gula kemasan (kiloan) yang diedarkannya wajib memakai label SNI. Ia pun kemudian mengajukan pengurusan SNI pada 11 April.

Di sisi lain, Tim JPU memperlihatkan kepada hakim bukti berupa faktur penjualan gula dari perusahaan terdakwa ke beberapa toko ritel, tertanggal setelah 11 April.

Hakim kembali mengagendakan sidang pada pekan depan dengan mendengarkan keterangan saksi a de charge. Atas permintaan tersebut, salah seorang anggota Jaksa Penuntut Umum, Ujang Suryana, mengaku akan berkoordinasi  dengan KPK untuk menghadirkan terdakwa pada pekan depan. (h/isq)

Editor : Juli Ishaq


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]