SP3 KASUS KEBAKARAN

Polda Siap Hadapi Gugatan


Rabu, 12 Oktober 2016 - 00:58:52 WIB
Polda Siap Hadapi Gugatan

PEKANBARU, HALUAN — Kepolisian Daerah Riau menyatakan siap menghadapi gugatan aktivis lingkungan terkait dikeluarkannya surat perintah penghentian penyidikan (SP3) 15 perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan dan hutan.

“Salinan SP3 sudah kita serahkan. Ini adalah upaya kita untuk membuat terang perkara,” kata Kapolda Riau, Brigadir Jenderal Zulkarnain Adinegara di Pekanbaru, Selasa (11/10).

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Ia menjelaskan, salinan berkas SP3 itu diserahkan kepada aktivis lingkungan Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) pada akhir pekan lalu. Sesuai ketentuan, selanjutnya, aktivis dapat menyusun tuntutan sebelum melakukan pra peradilan.

Lebih jauh, ia mengatakan mendukung upaya pra peradilan yang dilakukan oleh aktivis lingkungan tersebut. Bahkan ia memastikan siap untuk kembali membuka SP3 jika Penga­dilan memutuskannya.

Baca Juga : Bagian dari Sport Tourisme, Sandiaga Uno Dukung Pelaksanaan Tour de Singkarak Digelar Tahun Ini

Sementara itu, Jikalahari mengapresiasi Kapolda Riau yang telah memberikan SP3. Wakil Koordinator Jikalahari, Made Ali menyampaikan bahwa Polda Riau sudah transparan terkait keterbukaan informasi publik.

Meski begitu, ia mengatakan masih me­nunggu berkas penyidikan lengkap berupa berita acara pemeriksaan (BAP) sebelum SP3 itu dikeluarkan.

“Kami masih menunggu berkas lengkapnya berupa berkas penyidikan berisi BAP dan dokumen terkait SP3,” kata Made Ali.

Lebih jauh, ia juga mengatakan Jikalahari tengah melakukan persiapan untuk Praperadilan dengan mengumpulkan pakar hukum dan lingkungan untuk mendukung gugatan tersebut.

Sementara itu, sebanyak 18 orang anggota dari berbagai Divisi Mabes mulai melakukan proses audit Investigatif terhadap terbitnya SP3 di Polda Riau.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo mengatakan tim audit Investigatif ini terdiri dari Divisi Pengamanan Provesi (Propam), Divisi Hukum, serta Penga­wasan Penyidikan Bareskrim Polri. Seluruhnya mulai melakukan investigasi pada Senin (10/10) kemarin. 

“Ada delapan belas orang, (audit inves­tigatif) dilakukan di Brimobda selama sepekan menda­tang,” kata Guntur.

“Ini keseriusan Polri dalam hal SP3. Tim audit Investigasi dari Mabes Polri untuk melakukan audit investigasi terkait SP3 terhadap 15 perusahaan,” lanjutnya. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]