Kebakaran Hutan Berhasil Dipadamkan


Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:05:24 WIB
Kebakaran Hutan  Berhasil Dipadamkan KADISHUTBUN Agam, Yulnasri saat memimpin pemadaman api yang membakar hutan di Agam, Minggu (9/10) sore. Kurang lebih 10 hektare lahan terbakar. Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk tidak membakar lahan sembarangan karena bisa berdampak pada kebakaran hutan.

AGAM, HALUAN—Tim gabungan Pemkab Agama berhasil memadamkan api  yang membakar hutan pinus di kawasan perbukitan Mancuang, Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso pada Senin (10/10) sore sekitar 17.00 WIB. Kurang lebih 10 hektare lahan terbakar akibat kebakaran tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Agam, Yulnasri di Lubuk Ba­sung, Selasa (11/10). Ia menye­butkan, terbakarnya hutan pinus itu diduga karena faktor keke­ringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah itu. Awal­nya, api diduga berasal dari Arau Limapuluh Kota, lalu merembet ke perbatasan Limapuluh Kota dan Agam di Baso.

Ia melanjutkan, Ikut terbakar­nya hutan di wilayah Agam diketahui pada Minggu (9/10) sore. Namun, baru bisa dipa­damkan pada Senin.

“Pemadaman api dilakukan oleh 48 personil yang terdiri dari Polhut Agam, 2 Petugas Penga­manan Hutan Berbasis Nagari (PPHBN), 5 anggota Polsek Baso, 4 anggota Satpol PP Agam, 15 anggota Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Agam, dan 5 anggota BPBD Bukittinggi. Pemadaman dilakukan secara manual karena armada BPBD tidak bisa masuk lokasi yang berada cukup jauh,” tutur Yulnasri.

Ia menceritakan, setelah men­daptkan laporan kebakarang itu, pihaknya langsung mengerahkan petugas untuk memadamkan api di lapangan. Api pun bisa dipa­damkan.

“Dalam keadaan yang sulit, saya menekankan kepada petugas polhut agar tidak pulang sebelum api padam. Alhamdulillah, atas kerja sama, api bisa di atasi,” ucapnya. 

Atas kejadian itu, Yulnasri mengimbau masyarakat untuk tidak membakar lahan secara sembarangan karena akan sangat berbahaya, seperti memicu keba­karan hutan.

Pihaknya juga me­ngingatkan para pemburu untuk tidak membuang apapun yang bisa menyulut kobaran api di hutan seperti puntung rokok. (h/yat)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 17 Oktober 2017 - 20:53:59 WIB

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

    Komit Begerak Di Bidang Sosial dan Kemanusiaan, APP Pessel Salurkan Bantuan Korban Kebakaran PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pengurus Aliansi Pessel Peduli (APP), menyambangi kediaman Deswanti (45), korban kebakaran beberapa waktu lalu, di Kampung Luhung, Kenagarian Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan.
  • Ahad, 04 Juni 2017 - 17:41:12 WIB

    Korban Kebakaran di Air Terjun ini Justru Tetap Bersyukur. Kenapa?

    Korban Kebakaran di Air Terjun ini Justru Tetap Bersyukur. Kenapa? TANAH DATAR, HALUAN – Puing sisa kebakaran 17 kios kawasan di kawasan Wisata Air Terjun Lembah Anai Nagari Singgalang Kecamataan X Koto Tanah Datar, masih teronggok di pinggir jalan. Pemilik kios, tampak masih berusaha meng.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:17:23 WIB

    Pemko dan BAZ Bantu Korban Kebakaran

    Pemko dan BAZ Bantu Korban Kebakaran SAWAHLUNTO, HALUAN — Pemerintah kota bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kota Sawahlunto menyerahkan bantuan kepada Yusma Yenti, korban kebakaran Desa Salak Kecamatan Talawi..
  • Sabtu, 03 September 2016 - 16:08:01 WIB

    Kebakaran Pasar Sungai Garinggiang, Berikut Data Ruko yang Terbakar

    Kebakaran Pasar Sungai Garinggiang, Berikut Data Ruko yang Terbakar PADANG PARIAMAN, HALUAN—Terbakarnya Pasar Sungai Garinggiang di Nagari Malai lll, Kecamatan Sungai Garingging, Kabupaten Padang Pariaman, Jumat, pukul 23.30 WIB, menyisakan puing-puing..
  • Selasa, 31 Mei 2016 - 03:30:43 WIB

    Korban Kebakaran Talang Babungo Terima Bantuan

    Korban Kebakaran Talang Babungo Terima Bantuan AROSUKA, HALUAN — Se­ba­nyak 31 Kepala Keluarga (KK) di Nagari Talang Babungo, Keca­matan Hiliran Gumanti, yang menjadi korban kebakaran pada 13 September 2015 silam, akhirnya mendapat bantuan stimulan Ba­han Bangunan R.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM