PILWAKO PAYAKUMBUH 2017-2022

Tiga Pasang Calon Tunggu Keputusan KPU


Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:09:07 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh melakukan verifikasi dan penelitian terhadap berkas keenam kandidat Calon Walikota dan Wakil Walikota Payakumbuh. Verifikasi KPU dilakukan dengan mendatangi instansi dan lembaga yang mengeluarkan surat terhadap syarat pencalonan itu guna memastikan apakah surat yang dikeluarkan tersebut asli atau tidak.

Proses verifikasi dan pe­nelitian itu merupakan babak penentu terhadap ketiga pa­sangan calon, apakah mereka lolos ditetapkan sebagai calon dan diumumkan pada 24 Ok­tober mendatang atau pendaf­taran pasangan calon dicoret oleh KPU.

Ketua KPU Kota Pa­ya­kum­buh, Hetta Mambayu me­nga­takan, saat ini dirinya bersama anggota KPU lainnya tengah memverifikasi berkas ke Pe­ngadilan Niaga. “Proses pe­ne­litian ini hingga 23 Oktober men­datang,”ucapnya saat be­rada di Pengadilan Tinggi Tata Niaga, Medan, pada Selasa (11/10) siang.

Di PTTN, Medan itu, ada tiga berkas kandidat yang diverifikasi oleh KPU. Yakni berkas Riza Falepi, Wendra Yunaldi, Ennaidi. “Apakah surat keterangan mereka di­keluarkan oleh Pengadilan Niaga hingga dinyata pailit atau tidak. Ini yang perlu di te­liti,”ucapnya.

Hingga Selasa (11/10), diakui Ketua KPU Pa­ya­kum­buh surat dari tiga kandidat tersebut resmi dikeluarkan oleh PTTN, Medan. Sedangkan terhadap tiga kandidat lainnya, seperti Suwandel Muchtar dikeluarkan oleh Pengadilan Tinggi Sumbar. Erwin Yunas,  dan Fitrial Bachri  dikeluarkan oleh Pengadilan  Niaga Jakarta.

Perang Atribut

Meski KPU tengah mela­kukan verifikasi tiga pasangan calon kepala daerah, namun perang atribut telah dimulai di Kota Botiah itu. Melalui atribut seperti baliho dan spanduk yang disebar di setiap kelu­rahan di Kota Payakumbuh atribut keenam kandidat ter­sebut telah terpajang.

Dari pantauan Haluan ba­nyak juga atribut yang lengkap dengan lambang partai pe­ngu­sung dengan ukuran jumbo. Seperti, pasangan Riza Falepi-Erwin Yunas dengan slogan lanjutkan pada balihonya. Ke­mudian baliho. Pasangan Su­wan­del-Fitrial yang familiar dengan jargon W-Fi lengkap photo masing-masing ketua partai pengusungdi sekeliling baliho.

Dan baliho pasangan Wen­dra-Ennaidi dengan lengkap dengan teksline besar yang bertulikan Satu Milyar Satu Nagari. Meski nasib ketiga pasangan calon belum pasti lolos untuk ditetapkan KPU tetapi atribut masing-masing pasangan calon merata ter­pasang sampai ke kelurahan dan di persim­pangan. (h/ddg)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 21 Februari 2020 - 20:20:02 WIB

    Tiga Calon Independen Ramaikan Pilkada Bukittinggi

    Tiga Calon Independen Ramaikan Pilkada Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Tiga orang bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi dari jalur independen diperkirakan akan ikut meramaikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Bukittinggi 2020. Mereka .
  • Ahad, 24 November 2019 - 08:23:08 WIB

    Presiden Tiga Periode, Surya Paloh: Kenapa Enggak?

    Presiden Tiga Periode, Surya Paloh: Kenapa Enggak? SURABAYA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) surya paloh menyatakan tidak keberatan jika masa jabatan presiden yang semula hanya dua periode ditambah menjadi tiga periode. Menurutnya, jika memang .
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 14:40:02 WIB

    Jelang Pilkada 2020, Tiga Cakada Daftar ke NasDem Pasaman

    Jelang Pilkada 2020, Tiga Cakada Daftar ke NasDem Pasaman PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Partai Nasdem telah resmi membuka pendaftaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 secara serentak di seluruh Indonesia, terhitung 1 hingga 23 Oktober 2019..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 23:06:41 WIB

    Ada Tiga Srikandi Cantik, Inilah 40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2019-2024

    Ada Tiga Srikandi Cantik, Inilah 40 Anggota DPRD Pasaman Barat 2019-2024 PASBAR, HARIANHALUAN.COM – Tiga perempuan atau srikandi dilantik dan diambil sumpahnya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pasaman Barat, periode 2019-2024..
  • Jumat, 26 April 2019 - 12:56:18 WIB

    Evaluasi Pilpres 2019, PA 212 Akan Gelar Ijtima Ulama Ketiga

    Evaluasi Pilpres 2019, PA 212 Akan Gelar Ijtima Ulama Ketiga JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212 Slamet Maarif mengatakan akan ada ijtima ulama ke-3 untuk mengevaluasi pemilihan presiden atau Pilpres 2019..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]