Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional


Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:20:34 WIB
Makalah Dosen Harus Masuk Jurnal Internasional REKTOR UNP, Prof Ganefri didampingi Dekan FBS, Prof M Zaim menjelaskan tentang pelaksanaan ISLA ke-5 yang akan digelar pada 19-20 Oktober 2016 mendatang di Pangeran Beach Hotel. Sedikitnya ada tiga negara yang menyatakan keikutsertaannya dalam ISLA ke-5 ini, yaitu Malaysia, Jepang, dan Filiphina, Selasa (11/10). (ISRA)

PADANG, HALUAN —Rek­tor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof Ganefri me­ng­harapkan setiap hasil riset, makalah, dan hasil seminar internasional yang digelar di UNP harus dipublikasikan ke dalam jurnal internasional. Langkah tersebut katanya, selain untuk menaikkan akre­ditasi universitas juga akan menjadikan UNP menjadi acu­an dunia internasional.

Ganferi mencontohkan de­ng­an penyelenggaraan ISLA (International Seminar on La­ng­uages and Art) ke-5 yang digelar Fakultas Bahasa dan Seni pada tanggal 19-20 Okto­ber 2016 nanti. Diharapkan hasilnya dapat diterbitkan dalam jurnal internasional.

“Jangan hanya dipakai di sini saja, tetapi dapat dinikmati dan juga menjadi referensi bagi dunia internasional tentunya. Ketika ini sudah dilakukan dengan kontiniu akan melam­bungkan nama UNP tentu­nya,”ujarnya.

Dilanjutkan Ganefri, se­lama ini jurnal yang ada masih dalam konsumsi lokal dan belum masuk ke jurnal inter­nasional.

“Banyak dari makalah dan juga hasil riset namun hanya sebatas lokal konten belum menjadi intenasional konten. Seharusnya sebuah universitas sudah bisa mengembangkan ini hingga ke dunia internasional,” ujarnya.

Hadirnya ISLA yang telah memasuki tahun ke-5 ini di­harap­kan akan memacu se­mangat dosen dan guru nanti­nya untuk menghasilkan karya yang memang bisa dimasukkan ke jurnal internasional.

Sementara itu, Dekan FBS Prof M Zaim mengatakan, ISLA ke-5 ini akan meng­hadirkan pemakalah dari ber­bagai universitas di dunia. Bahkan yang telah tercatat itu ada tiga negara yang menya­ta­kan keikutsertaannya, seperti Malaysia, Jepang, dan Filipina.

“Nanti pemakalah ini akan memberikan informasi, penge­tahuan, dan juga mengupas tuntas tentang manfaat tekno­logi dan teori dalam kajian bahasa, seni, dan budaya,” ujarnya.

Sedikitnya, akan ada 75 makalah yang akan dibahas dalam ISLA ke-5 nantinya. Peserta pun hingga saat ini telah mencapai 350 orang yang berasal dari Indonesia bagian tengah, timur dan barat. “Dari tahun ke tahun pesertanya selalu bertambah. Dan kita sangat berharap nantinya tidak hanya berasal dari Indonesia tapi lebih banyak dari luar,” pungkasnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 08 September 2016 - 02:35:08 WIB

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016

    Makalah Dosen IAIN IB Lolos di AICIS 2016 PADANG, HALUAN —Kar­ya ilmiah dosen dan ma­ha­siswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang dinyatakan lolos dan layak dipresentasikan sebagai makalah terbaik di hadapan tim Annual International Con­fere.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]