UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing


Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:22:29 WIB
UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing Sejumlah mahasiswa asing belajar membuat batik saat mengikuti program Indonesian Spectrum di salah satu universitas di Surabaya, Rabu (28/9). Saat ini, Universitas Negeri Padang juga membuka peluang bagi mahasiswa asing di kampusnya. (ANTARA)

PADANG, HALUAN—Universitas Negeri Padang (UNP) membuka peluang bagi maha­siswa asing untuk menimba ilmu di sana. Bahkan bagi mahasiswa asing yang memang berminat untuk berkuliah di UNP akan di­gratiskan.

Langkah ini kata Rektor UNP, Prof Ganefri, untuk mengejar akreditasi inter­nasional yang saat ini di­inginkan UNP, disamping keinginan untuk menjadi World Class University.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Banyak Pengemis Mangkal di Pasar Raya Padang

“Bahkan kami dalam se­buah pertemuan di Malaysia telah menawarkan langsung tentang hal ini. Kalau me­mang ada silahkan. Nanti mereka akan di-free-kan,” tukas Ganefri kepada Haluan usai jumpa media terkait ISLA ke-5 di ruang per­te­muan Rektor, Selasa (11/9).

Untuk persyaratan bagi mahasiswa asing nantinya, hanya akan diseleksi melalui hasil penelitian yang dibuat oleh calon mahasiswa tersebut.

Baca Juga : Sidak 11 Kamar Hunian, Kalapas Kelas IIA Padang: Jangan Coba-coba ya!

“Jadi, hasil penelitian dari mahasiswa tersebut diharap­kan akan memberi kontribusi untuk UNP,” tuturnya.

Terkait dengan kuota mahasiswa asing nantinya, UNP tidak memberikan bata­san tertentu. Berapa pun banyaknya UNP mengaku siap untuk menampungnya.

“Apakah nantinya mereka ada enam, tujuh, atau berapa pun akan kita tampung. Inti­nya mereka free,” ucapnya.

Sekaitan dengan apakah rencana ini nantinya akan mengganggu daya tampung UNP, Ganefri membatahnya. Menurutnya, meski dengan penerimaan mahasiswa asing kuota UNP untuk jalur regu­lar tetap tidak akan berkurang.

“Karena mereka (ma­ha­siswa asing, red) akan sama-sama bersaing melalui jalur reguler untuk masuk, hanya syaratnya saja yang berbeda,” tandasnya.

Dengan hadirnya maha­siswa asing yang berkuliah di UNP tuturnya, akan me­naik­kan nama UNP di dunia inter­nasional.  “Nanti mereka akan tetap berkuliah bersama dengan mahasiswa lainnya. Kita tidak membuka kelas khusus untuk mereka. Kita biarkan mereka berbaur,” terangnya. (h/isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]