UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing


Rabu, 12 Oktober 2016 - 01:22:29 WIB
UNP Buka Peluang Bagi Mahasiswa Asing Sejumlah mahasiswa asing belajar membuat batik saat mengikuti program Indonesian Spectrum di salah satu universitas di Surabaya, Rabu (28/9). Saat ini, Universitas Negeri Padang juga membuka peluang bagi mahasiswa asing di kampusnya. (ANTARA)

PADANG, HALUAN—Universitas Negeri Padang (UNP) membuka peluang bagi maha­siswa asing untuk menimba ilmu di sana. Bahkan bagi mahasiswa asing yang memang berminat untuk berkuliah di UNP akan di­gratiskan.

Langkah ini kata Rektor UNP, Prof Ganefri, untuk mengejar akreditasi inter­nasional yang saat ini di­inginkan UNP, disamping keinginan untuk menjadi World Class University.

“Bahkan kami dalam se­buah pertemuan di Malaysia telah menawarkan langsung tentang hal ini. Kalau me­mang ada silahkan. Nanti mereka akan di-free-kan,” tukas Ganefri kepada Haluan usai jumpa media terkait ISLA ke-5 di ruang per­te­muan Rektor, Selasa (11/9).

Untuk persyaratan bagi mahasiswa asing nantinya, hanya akan diseleksi melalui hasil penelitian yang dibuat oleh calon mahasiswa tersebut.

“Jadi, hasil penelitian dari mahasiswa tersebut diharap­kan akan memberi kontribusi untuk UNP,” tuturnya.

Terkait dengan kuota mahasiswa asing nantinya, UNP tidak memberikan bata­san tertentu. Berapa pun banyaknya UNP mengaku siap untuk menampungnya.

“Apakah nantinya mereka ada enam, tujuh, atau berapa pun akan kita tampung. Inti­nya mereka free,” ucapnya.

Sekaitan dengan apakah rencana ini nantinya akan mengganggu daya tampung UNP, Ganefri membatahnya. Menurutnya, meski dengan penerimaan mahasiswa asing kuota UNP untuk jalur regu­lar tetap tidak akan berkurang.

“Karena mereka (ma­ha­siswa asing, red) akan sama-sama bersaing melalui jalur reguler untuk masuk, hanya syaratnya saja yang berbeda,” tandasnya.

Dengan hadirnya maha­siswa asing yang berkuliah di UNP tuturnya, akan me­naik­kan nama UNP di dunia inter­nasional.  “Nanti mereka akan tetap berkuliah bersama dengan mahasiswa lainnya. Kita tidak membuka kelas khusus untuk mereka. Kita biarkan mereka berbaur,” terangnya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 01:56:11 WIB

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar

    UNP Luncurkan 50 Buku Bahan Ajar PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) meluncurkan 50 buku program rekonstruksi bahan ajar. Dimana 44 buku yang dibertikan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) dan enam lainnya dibiayai UNP..
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:23:39 WIB

    UNP Sambut Baik Kenaikan Beasiswa Bidikmisi

    PADANG, HALUAN — Ke­menterian Riset, Tek­nol­ogi dan Pendidikan Tinggi (Ke­m­ris­tekdikti) berencana m­enaikkan biaya hidup ma­ha­siswa Bidikmisi sebanyak Rp50 ribu sehingga menjadi Rp650 per bulan. Kebijakan itu m.
  • Selasa, 06 Desember 2016 - 01:28:21 WIB
    GENJOT MINAT PENELITIAN

    UNP Siapkan Dana Penelitian Hingga 30 Miliar

    PADANG, HALUAN — Tahun depan Universitas Negeri Padang (UNP) akan meningkatkan anggaran dana penelitian menjadi 15 persen. Hal itu dilakukan untuk mendorong dosen supaya aktif melakukan penelitian..
  • Senin, 14 November 2016 - 00:49:55 WIB

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung

    Sejumlah Nama Wakil Rektor UNP Mengapung PADANG, HALUAN — Dalam waktu dekat Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Ganefri akan memilih pembantunya dalam bertugas mewujudkan UNP mendapat Akreditasi Internasional..
  • Jumat, 11 November 2016 - 00:48:53 WIB
    PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER

    Mahasiswa UNP Tabur Bunga, Pemprov Sumbar Bantu Janda

    PADANG, HALUAN — Se­banyak 300 orang lebih ma­hasiswa Jurusan Sejarah, Fa­kultas Ilmu Sosial (FIS) Uni­versitas Negeri Padang (UNP) mendatangi Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bang­sa, Kamis (10/11) siang ke­marin. K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]