SOPD Baru, BLH Naik Kelas Jadi Dinas


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:30:20 WIB

BENGKALIS, HALUAN — Sesuai de­ngan Peraturan Daerah (Perda) Ka­bupaten Bengkalis tentang Struktur Or­ga­nisasi Pemerintah Daerah (SO­PD) ta­hun 2016 dan Peraturan Menteri Ling­kungan Hidup Kehutanan Nomor P.74/MENLHK/Setjen/Kum.1/8/2016 maka Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bengkalis akan berubah nama men­­jadi Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pemberlakuan Perda maupun Per­men LHK tersebut akan segera dimulai pa­da 1 Januari 2017 men­datang, di­ma­na DLH Bengkalis masuk dalam type A. Selain itu, kemungkinan besar Or­ganisasi Pemerintah Daerah (OPD) Ka­bupaten Bengkalis yang baru meru­nut Perda dan PERMENLHK diisi se­orang kepala dinas pejabat setingkat ese­lon II dan lima pejabat setingkat eselon III.

Menyikapi hal tersebut, Kepala BLH Bengkalis, H Arman AA, kepa­da wartawan, Rabu (12/10), membe­nar­kan adanya perubahan nama, tu­gas, dan fungsi, dan BLH menjadi DLH. Hal itu mengacu kepada Per­men LHK tentang pedoman nomen­kla­tur perang­kat daerah provinsi dan ka­bupaten/kota yang melaksanakan urus­an pemerintah bidang lingkungan hi­dup dan urusan pemerintah bidang ke­hutanan.

‘’Mulai 1 Januari tahun 2017, BLH berubah nama maupun fungsi menjadi DLH dan DLH  Bengkalis masuk dalam tipe besar yaitu tipe A dengan skor 964. Dimana hal tersebut berda­sarkan juga pada Surat Keputusan (SK) Menteri LHK nomor SK.651/MENLHK/Setjen/Kum.1/8/2016 ten­tang hasil pemetaan urusan peme­rintah daerah di bidang lingkungan hidup dan kehutanan,” papar Arman.

Kemudian sambungnya, DLH akan dipimpin seorang ke­pala dinas serta lima pe­jabat ese­lon III me­liputi satu sekre­taris dan empat kepala bi­dang, ter­masuk bidang ke­ber­sihan pasca bubarnya Dinas Pasar dan Kebersihan. Dimana nan­tinya juga akan dibentuk dua Unit Pelayanan Tekhnis Di­nas (UPTD) yaitu UPTD Pengelolaan sampah dan UPTD Laboratorium.

Untuk UPTD Pengelo­la­an Sampah lanjut Arman, bi­sa dibentuk di seluruh ke­ca­matan di Kabupaten Beng­kalis, minimal empat UPTD dimana satu UPTD mem­bawahi dua kecamatan, se­dangkan UPTD Labo­rato­ri­um akan berada di kota Beng­kalis. Sehingga dalam pe­laksanaan tugas kede­pan­nya DLH bisa lebih maksimal termasuk ketersediaan labo­ratorium yang dikelola se­orang pejabat.

“Perubahan tupoksi BLH mau­pun nama yang akan berlaku ta­hun de­pan tersebut, juga dibarengi de­ngan pem­bentukan SOPD setingkat pe­­nabat ese­lon IV. Untuk setiap bi­dang mau­pun secre­tariat minimal ada tiga seksi yang dijabat kepala seksi, dan untuk hal tersebut akan diatur me­lalui Pe­raturan Bupati (Perbup) Beng­kalis,” tutup pria low profile ini. (h/man)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]