Pasbar Harus Lepaskan Status Tertinggal


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:31:08 WIB

PASBAR, HALUAN — Jika tidak ada aral melintang, dalam dua tahun ke depan, Pe­merintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) targetkan bisa keluar dari predikat sebagai daerah tertinggal.

“Jika semua komponen ikut mendukung, kita optimis bisa lepas dari predikat dae­rah tertinggal ini. Sangat malu juga rasanya saat ini daerah kita masuk kategoro daerah tertinggal itu,” ucap Bupati Pasaman Barat, Syahiran di Simpang Empat, Selasa (11/10).

Dikatakan Syahiran, ada sejumlah indikator yang mem­buat Pasaman Barat menjadi salah satu daerah tertinggal seperti pela­yanan publik yang masih rendah, sarana dan prasara­na yang masih minim, pendidi­kan serta kesehatan.

Guna mengejar target tersebut, pihaknya akan me­ningkatkan serta menja­lan­kan sejumlah program yang ada terutama dalam bidang pelayanan publik.

Selain itu, sejumlah program juga mulai dipacu, seperti program 1.0­00 jamban, seribu sam­bu­ngan listrik, seribu rehab rumah dan Tentara Manung­gal Masuk Nagari (TMMN).

“Dukungan dan kerja­sama perlu kita tingkat­kan. Mari bersama-sama kita upa­yakan agar Pasaman Barat keluar dari predikat daerah tertinggal,” ajak Syahiran.

Ia juga meminta kepada Camat, Walinagari (Kepala Desa) dan Kepala Jorong untuk bisa meningkatkan kinerja dalam upaya me­ningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dijelaskan Syahiran, ada­pun indikator daerah terting­gal itu meliputi bidang pere­konomian masyarakat yang masih lemah, Sum­ber Daya Manusia (SDM), pendidikan, sarana dan prasarana, ke­mampuan keuangan daerah, aksesibiliti dan karakteristik daerah.

Sementara dua daerah lain yang masih masuk dalam kategori tertinggal yakni Solok Selatan dan Mentawai. Posisi Pasaman Barat berada diperingkat 33 dari 122  daerah tertinggal di In­donesia. (h/mg-idn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]