Dua Nagari Serahkan Berkas Pemekaran


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:31:54 WIB
Dua Nagari Serahkan  Berkas Pemekaran Panitia Pemekaran Nagari Aur Kuning didampinggi Walinagari Hendro menyerahkan berkas penataan nagari ke Camat Pasaman, Nur Fauziah Zen. (IDENVI SUSANTO)

Pasbar, Haluan — Dua dari tiga nagari yang ada di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah me­nyerahkan berkas pro­posal penataan nagari/pemekaran nagari ke pemerintah ke­camatan setempat.

“Memang benar. Ada dua nagari yang telah me­nyerahkan berkas proposal ke kecamatan,” ucap Camat Pasaman, Nur Fauziah Zen, kepada Haluan Selasa (11/10).

Ia mengatakan, nagari yang telah menyerahkan berkas proposal meliputi Nagari Aur Kuning dan Nagari Air Gadang. “Se­dang satu nagari lain yakni Nagari Lingkung Aur hing­ga saat ini belum menye­rahkan,” ungkapnya.

Penyerahan proposal penataan nagari itu sendiri, dikatakan Nur Fauziah, dilaku­kan pada hari Senin (10/10) oleh masing-masing ketua panitia nagari. “Pro­posal itu langsung dise­rahkan kepada saya,” kata­nya.

Menurutnya, berkas pro­posal itu akan dise­rah­kan­nya langsung ke tim verifikasi data penataan/pemekaran nagari di kabu­paten untuk diverifikasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Apa­bila tak lengkap datanya bisa disusul kembali.

“Kalau tidak memenuhi syarat sesuai dengan Un­dang-undang Nomor 6 ta­hun 2014 pasal 8, tentu tidak bisa kita lanjutkan. Pada akhirnya akan gagal,” ujarnya.

Sementara itu, Wa­lina­gari Aur Kuning, Hendro membenarkan bahwa ber­kas proposal pemekaran itu sadah diserahkan kepada Camat Pasaman sesuai de­ngan petunjuk dan keten­tuan yang ada.

Dia menambahkan lebih kurang tiga bulan lebih bersama panitia bekerja siang malam demi ter­wu­judnya pemekaran atau penataan nagari ini.

“Saya harapkan agar secepatnya pe­mekaran na­gari ini terwujud. Karena pemekaran ini akan me­nunjang pem­bangunan da­erah,” katanya.

Menurut Hendro, jum­lah nagari yang diajukan dalam proposal pengajuan peme­karan ini berjumlah lima nagari dian­taranya Nagari Pinaga, Padang Tu­huh, Suko Menanti, Lubuak Landua dan Lembah Bi­nuang Bukit Nilam. (h/mg-idn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]