Kemenkes Akreditasi Dua Puskesmas di Bukitinggi


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:33:20 WIB
Kemenkes Akreditasi Dua Puskesmas di Bukitinggi Walikota Ramlan Nurmatias menyaksikan Penandatanganan Akreditasi 2 Puskesmas, yang berlangsung di rumah dinas walikota Belakang Balok. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Dua Pus­kesmas di akreditasi oleh Tim Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indo­nesia (Kemenkes RI). Dua Puskesmas itu yakni Puskesmas Guguk Panjang dan Pus­kesmas Rasimah Ahmad Kota Bukittinggi.

Kegiatan Akreditasi yang berlangsung dari tanggal 10-12 Oktober kemarin dilakukan oleh enam orang Tim Akreditasi Kemenkes yang berasal dari berbagai daerah, yakni Kalimantan Barat, Medan, Aceh, dan Batam.

“Akreditasi yang dilakukan merupakan program Kemenkes RI, dimana pada tahun 2019 mendatang semua Puskesmas yang ada telah terakreditasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan  dan keselamatan kepada pasien yang berobat,” ujar Ketua tim Akreditasi, Syawaluddin, SKM kepada Haluan Rabu (12/10).

 Menurutnya, selama ini Puskesmas sering kali tidak sinergi antar sektor dan antar program. Melalui  akreditasi ini pihak­nya berharap ke depannya kinerja dan pelayananan yang diberikan pus­kes­mas dapat meningkat serta dapat bekerjasama dengan semua lintas program maupun lintas sektor.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyambut baik kedata­ngan Tim yang melakukan akreditasi terhadap dua Puskesmas di Bukittinggi tersebut.

“Kepada Kepala Puskesmas agar dapat memfasilitasi dan menyiapkan hal-hal yang dibutuhan selama kegiatan akreditasi. Kalau tahun ini hanya dua Puskesmas di akreditasi maka tahun-tahun berikutnya kita berharap semua Puskesmas di Bukittinggi telah di­akreditasi,” harap Ramlan. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]