PAUD se-Bukittinggi Terima BOP Rp1,2 Miliar


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:34:09 WIB
PAUD se-Bukittinggi Terima BOP Rp1,2 Miliar WAWAKO Irwandi dan Kepala Dinas Pendidikan Hj Ellia Makmur, foto bersama dengan empat orang perwakilan Paud sejenis penerima BOP, di Balaikota. (GATOT)

BUKITTINGGI, HALUAN — Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Bu­kit­tinggi mendapatkan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BOP)  dari peme­rintah pusat dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 sebesar 1,2 milliar.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Wali­kota Bukittinggi, Irwandi kepa­da kepada masing ma­sing per­wakilan empat PAUD sejenis, yakni lembaga Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), Satuan PAUD Sejenis (SPS), dan Taman Kanak-kanak (TK), selasa (11/10) di Balaikota.

Dalam kesempatan itu, Ir­wandi menghimbau tenaga pe­ngajar PAUD untuk menjadi garda ter­depan dalam melin­dungi per­kembangan anak di usia emasnya. Hal ini sehubu­ngan dengan sering terjadinya kasus kekerasan dan ekploitasi terhadap anak yang berujung pada terganggunya per­kemba­ngan mental si anak.

“Kita berharap kepada lem­baga PAUD yang ada di Bu­kittinggi untuk dapat memanfa­atkan usia emas tersebut guna menanamkan nilai-nilai kebaikan dan perilaku perilaku santun pada anak,” harap Irwandi.

Ia juga mengapresiasi sema­ngat masyarakat kota yang turut terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan usia dini. Pasalnya dari 107 lembaga PAUD yang ada di Bukittinggi hanya satu lem­baga yang dimiliki oleh pe­me­rintah dan selebihnya meru­pakan lembaga yang dikelola oleh individu, kelompok,  yayasan, dan organisasi.

“Hal tersebut membuktikan bahwa begitu pentingnya penye­lenggaraan PAUD dalam sebuah lembaga formal. Karena pendi­dikan itu  tidak hanya diemban oleh pemerintah tapi juga didu­kung oleh masyarakat kota,” ujarnya.

Dengan adanya bantuan BOP da­ri pemerintah pusat ini ulas Irwandi, diharapkan lembaga PAUD dapat lebih kreatif dalam melahirkan ide-ide baru sehingga lem­baga tersebut semakin eksis serta mampu mengembangkan potensi anak didik dan berujung prestasi.

Sementara Kepala Bidang PAUD dan PLS Disdikpora, Ahmad Saimi dalam laporannya mengatakan,  lembaga PAUD yang berhak menerima BOP adalah lembaga yang telah me­miliki nomor pokok satuan na­sio­nal (NPSN) dan menetapkan iuran atau pungutan sesuai keten­tuan yang berlaku.

Lembaga PAUD penerima terdiri terdiri dari 37 taman kanak-kanak, 30 kelompok ber­main, 16 taman penitipan anak, dan 14 satuan PAUD seje­nis. Masing-masing lembaga mene­rima bantuan berkisar Rp9 juta sampai Rp12 juta.

Dana BOP, terang Saimi dapat dimanfaatkan lembaga untuk kegitan pembelajaran seperti pengadaan buku, pera­latan pembelajaran, dan perte­muan dengan orang tua serta penyelenggaraan kegiatan pen­dukung lainnya.

Meskipun dana tersebut beru­pa dana hibah, namun dalam pe­manfaatannya tetap memerlukan pertang­gungjawaban baik secara administrasi maupun bukti pelak­sanaan kegiatan. Untuk itu ia berharap kepada lembaga pene­rima untuk tetap berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk menyegerakan pembuatan per­tanggungjawaban pemanfaatan dana tersebut. (h/tot)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:28:04 WIB

    Wali Nagari, Staf hingga Guru Paud dan TPQ Dilarang Dapat Bansos di Pessel

    Wali Nagari, Staf hingga Guru Paud dan TPQ Dilarang Dapat Bansos di Pessel HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah saat sekarang ini dalam menanggulangi dampak dari Covid-19 memberikan banyak sekali bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak. Namun, kurangnya perhatian khusus dalam penyalurannya banyak p.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:57:11 WIB

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop

    Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop HARIANHALUAN.COM - Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sekitar seribu-an guru mengaji TPQ dan PAUD yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos ataupun BLT Provinsi. Untuk kurun waktu 3 bulan ini bansos tersebut dihentikan .
  • Rabu, 05 Februari 2020 - 18:02:06 WIB

    Tenaga PAUD di Dharmasraya Diminta Jadi Tenaga Profesional dan Kompetitif

    Tenaga PAUD di Dharmasraya Diminta Jadi Tenaga Profesional dan Kompetitif DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM -- Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan, melaksanakan proses pembelajaran dan menilai hasil pembelajaran serta  melakukan pebimbingan, p.
  • Rabu, 12 April 2017 - 12:11:56 WIB

    374 Bunda PAUD Dikukuhkan

    SIJUNJUNG, HALUAN - Sebanyak 374 orang Bunda PAUD (delapan Bunda PAUD kecamatan, 62 Bunda PAUD nagari dan 304 Bunda PAUD jorong) di Kabupaten Sijunjung dikukuhkan di Balairung Lansek Manih, Selasa (11/4). .
  • Selasa, 09 Agustus 2016 - 03:21:19 WIB

    BOP PAUD Diharapkan Dorong Pendidikan Berkualitas

    Arosuka, Haluan — Pemerintah Kabupaten Solok mendapatkan dana Bantuan operasional Pendidikan (BOP) PAUD sebesar Rp5.5 miliar pada tahun ini. Dana ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga pelayanan pendidika.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]