WHO: Indonesia Paling Rentan Terkena Zika


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:40:03 WIB

JAKARTA, HALUAN—Organisasi Kese­hatan Dunia (WHO) mengeluarkan peri­nga­tan bahwa virus Zika “sangat mung­kin” makin menyebar ke seantero Asia.

Direktur Jenderal WHO, Margaret Chan, mengaku hingga kini para ahli masih mencari cara untuk menangani virus tersebut.

“Sayangnya, para ilmuwan belum punya jawaban terhadap beragam perta­nyaan kritis,” ujar Chan, dalam pertemuan regional tahunan di Manila, Filipina, seperti dikutip situs BBC, Rabu, 12 Oktober 2016.

Apabila virus itu makin menyebar di Asia, maka negara yang paling rentan adalah Indonesia, Nigeria, dan India. Kesimpulan tersebut didapat sebuah tim peneliti gabungan dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Oxford University, Inggris, dan University of Toronto, Kanada.

Mereka mengatakan, setelah men­cermati skema penularan dengan mem­perhitungkan jumlah penumpang pesawat yang hilir mudik di negara-negara tersebut.

“Negara-negara seperti India, In­donesia, dan Nigeria diprediksi paling berisiko terpapar Zika mengingat terdapat 5.000 penumpang setiap bulan berda­tangan dari area endemik Zika,” menurut laporan tim peneliti gabungan.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menempatkan sejumlah pemindai suhu tubuh di berbagai bandara dan pelabuhan, seperti di Pelabuhan Batam.

Sebelumnya, Amerika Serikat sebe­lumnya mengeluarkan imbauan kepada warganya yang tengah mengandung untuk mempertimbangkan bepergian ke kawasan Asia Tenggara lantaran risiko virus Zika.

Imbauan perjalanan itu mencakup Indonesia, Brunei, Kamboja, Timor Leste, Laos, Malaysia, Maladewa, Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam. (h/vvn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 19:54:10 WIB

    WHO: Vaksin Apapun Tak Bisa Lenyapkan Covid-19, Ini Alasannya

    WHO: Vaksin Apapun Tak Bisa Lenyapkan Covid-19, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM --Sepertinya wabah virus corona membawa kabar buruk untuk beberapa masa ke depan. Kabar tak menyenangkan ini dilontarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)..
  • Sabtu, 25 April 2020 - 23:25:46 WIB

    WHO: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Bisa Kebal Corona

    WHO: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Bisa Kebal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa belum ada bukti seseorang bisa kebal atau imun terhadap virus corona (Covid-19). Meskipun, orang yang pernah terinfeksi dan telah dinyata.
  • Rabu, 15 April 2020 - 07:51:44 WIB

    WHO: Virus Corona 10 Kali Lebih Mematikan dari Flu Babi

    WHO: Virus Corona 10 Kali Lebih Mematikan dari Flu Babi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus corona yang menyebabkan Covid-19 lebih mematikan ketimbang pandemi flu babi (H1N1) pada 2009 silam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]