PTSA Kementerian Diresmikan, Menaker Pastikan Tak Ada Pungli


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:40:43 WIB

JAKARTA, HALUAN — Men­teri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri sore ini meresmikan Pusat Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) di lantai I Gedung B Kementerian Ketenaga­kerja­an, Jakarta Selatan. Dengan adanya PTSA maka perizinan terkait tenaga kerja dapat se­makin cepat dan terintegrasi ke dalam sebuah sistem.

Dengan adanya PTSA jgua Ha­nif memastikan perizinan di ling­kungan Kementerian Kete­na­gakerjaan tidak dibebankan biaya lagi atau pungutan liar (pungli). Hal ini dikarenakan perizinan terkait ketenag­a­kerjaan sudah terintegrasi de­ngan sistem online.

“Mekanisme ini akan me­ning­katkan transparansi pela­yanan dan mencegah praktik Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN) serta mencegah praktik percaloan dan pungli dalam setiap pelayanan ketenaga­kerjaan bagi masyarakat,” jelas Hanif saat meresmikan PTSA di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, Rabu (12/10).

Lamanya proses perizinan le­wat PTSA di Kementerian Kete­nagakerjaan juga bisa dike­tahui lewat pemberitahuan via SMS dan email. Sehingga ma­syarakat dapat langsung datang kembali saat perizinan sudah selesai.

“Jangka waktu proses pe­nye­le­saiannya diinformasikan langsung melalui SMS dan email pada saat kedatangan pertama. Sehingga tidak mem­butuhkan biaya transportasi untuk beberapa kali ke sini,” ujar Hanif.

Dirinya menambahkan bah­wa rencana pembentukan PTSA di Kementerian Ketenaga­kerja­an sudah direncanakan sejak 7 bulan lalu. Namun, dengan perlunya beberapa unit kerja di dalam satu ruangan baru bisa direalisasikan Oktober ini.

“Kita sudah rencanakan lama jadi operasional sudah lebih dari 7 bulan,” kata Hanif. (h/vvn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]