SEMBELIH KAMBING

Warga Syukuran Pemekaran Nagari


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:48:29 WIB

PADANG PARIAMAN, HALUAN — Bentuk puji syukur karena ter­ujudnya pemekaran nagari, ma­sya­rakat nagari Koto Hilalang Si­kucur Timur, Kecamatan V Koto Kam­pung Dalam kabupaten Pa­dang Pariaman, adakan syukuran de­ngan menyembelih ternak kam­bing.

Nagari Koto Hilalang Sikucur Timur merupakan salah satu dari lima nagari pemekaran di nagari Sikucur. “Untuk menyambut peme­karan tersebut kami juga mem­bentuk panitia pemekaran”, ujar Hakimi salah seorang tokoh ma­sya­rakat Nagari Koto Hilalang Si­kucur Timur pada Haluan, Rabu (12/10).

Menurut Hakimi, pemekaran ini merupakan impian masyarakat sejak lama. “Sejak beralihnya pemerintah desa ke nagari, kami telah mengajukan pemekaran ini”, kata Hakimi.

Kuatnya keinginan masyarakat untuk pemekaran ini, karena jarak tempuh Koto Hilalang ke kantor nagari dan kantor camat cukup jauh. Sehingga pelayanan jadi tidak maksimal.

Hakimi mengaku, baru saja dia mendapat informasi pemekaran ini terujud, dia secara spontan me­nyerahkan rumahnya untuk ditem­pati sebagai kantor sementara oleh walinagari pemekaran. “Menjelang adanya kantor yang defenitif, silahkan pakai rumah saya untuk kantor walinagari”, katanya.

Dikatakan Hakimi, menyambut rencana pemekaran nagari ini, Jumat kemaren para tokoh ma­syarakat mengadakan pertemuan untuk musawarah, guna menyon­song pemerintah nagari yang baru. “Pada saat itu dibentuk panitia yang bertugas mengakomodir segala kebutuhan untuk nagari pe­me­karan”, jelasnya.

Dulu aku Hakimi, Koto Hi­lalang merupakan salah satu desa yang ada di nagari Sikucur, desa tesebut bernama Desa Sikucur Timur. Karena sistim pemerintah Sumatera Barat beralih ke pe­merintah nagari, Nagari Sikucur yang waktu itu terdiri dari 4 desa digabung jadi satu pemerintah nagari, yakni nagari Sikucur.

Nagari Koto Hilalang Sikucur Timur merupakan nagari yang cukup luas yang berbatasan lang­sung dengan kabupaten Agam. Saat ini nagari tersebut memiliki 4 pemerintah korong dengan jumlah penduduk lk.9000 jiwa. (h/ded)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]