50 Pemuda Dilatih Tanggap Bencana


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:52:33 WIB
50  Pemuda Dilatih Tanggap Bencana Para peserta foto bersama sebelum dilakukan pelatihan pemuda relawan tanggap bencana, Rabu (12/10). (ARDA SANI)

PADANG, HALUAN —Se­banyak 50 pemuda men­dapat­kan pelatihan pemuda relawan tang­gap bencana yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olah­raga (Dispora) Sumbar di Hotel Grand Zuri, 11-14 Oktober. Para pe­serta merupakan pemuda berusia 16-30 tahun dan berasal dari seluruh kabupaten dan kota se Sumatera Barat. “Tujuan digelar kegiatan ini adalah untuk me­ning­katkan pemahaman, penge­tahuan  dan keterampilan tentang upaya penangulangan bencana alam. Menyiapkan pemuda yang berperan aktif dalam upaya penanggulangan bencana,” ujar Kadispora Sumb­ar, Priyadi Syu­kur, Rabu (12/10).

Lebih jauh dirinya menga­takan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan en­se­tifitas dan kesetiakawanan pe­muda. “Dengan bertambahnya jumlah pemuda relawan bencana dapat meningkatkan toleransi yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat dan memotivasi masyarakat dalam penang­gu­lang­a­n bencana,” tuturnya.

Para pemateri dalam pela­tihan ini melibatkan dari Deputi bidang pengembangan pemuda Kemenpora, Kadispora Sumbar, Dinas Kesehatan Sumbar, BN­PB Sumbar, RAPI Sumbar, Tagana, PMI Sumbar dan MD­MC Sumbar.

“Adapun materi yang diberikan adalah kebijakan Kemenpora terhadap para rela­wan tanggap bencana, kebijakan dari Pemprov Sumbar tentang peran pemuda dalam pengu­rangan resiko bencana, prinsip dasar dan penanggulangan ben­cana, konsep dasar dan karak­teristik penanggulangan bencana di Sumbar,” tuturnya.

Adapun materi lainnya ada­lah koordinasi radio sebagai ujung tombak komunikasi, logis­tik peralatan, teknik pertolongan per­tama, pendampingan psi­ko­logi pasca bencana dan trauma healing.

Lebih jauh dirinya meng­a­takan kalau pelatihan ini sangat penting bagi kalangan pemuda. “Indonesia yang merupakan negara kemaritiman mempunyai resiko terjadi bencana yang cukup besar. Mereka yang men­jadi korban tentunya akan me­miliki dampak seperti ekonomi, psikologi dan lainnya,” ung­kapnya.

Para peserta ini nantinya tidak hanya siap saat bencana datang, namun juga mampu memberikan edukasi kepada masyarakat sebelum terjadinya bencana. “Kami berharap para peserta ini nantinya bisa me­nular­kan ilmu yang didapatkan ke masyarakat disekitar tempat tinggalnya,” harapannya. (h/san)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]