Pansel Tetapkan Tiga Calon Sekda Pasaman


Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:54:34 WIB

PASAMAN, HALUAN — Panitia Seleksi (Pansel) Jaba­tan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, pengisian calon Sekda di Kabupaten Pasa­man, sudah menuntaskan seluruh tahapan seleksi.

Bahkan, pansel telah me­netapkan tiga nama peraih nilai tertinggi kepada Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. Ada­pun nama ketiga calon sekda itu, yakni Sekda Solok M Saleh Nst, Kepala BP2KB Pasaman, Yusnimar dan Ke­pala Inspektorat, M.N Susilo.

Hal itu berdasarkan pe­ngu­muman Pansel JPT Pra­tama calon Sekda bernomor: 800/19/PANSEL-JPT/PAS-2016 tanggal 7 Oktober 2016.

Ketiga nama itu telah menuntaskan seluruh tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi, tes kompetensi bidang secara tertulis, tes kompetensi manajerial oleh tim asesmen, penulisan ma­ka­lah, presentasi, wawancara dan penelusuran rekam jejak.  “Ketiga nama itu me­ng­ung­guli dua calon lainnya, seperti Anasrullah Staf Ahli Bupati, dan Yuspi Plt, Kadis Perta­nian Pasaman,” ujar Sekre­taris BKD Pasaman, Hasi­holan Hutagalung, Rabu (12/10) kemarin.

Hasiholan menam­bah­kan, tim Pansel akan mereko­mendasikan tiga nama calon sekretaris daerah itu kepada pemerintah pusat. Namun, sebelum itu, kata dia, tim Pansel harus menyerahkan terlebih dahulu kepada Gu­bernur Sumbar, Irwan Pra­yitno.  “Sudah diajukan tiga nama.  Proses selanjutnya ada ditangan bupati untuk me­milih satu nama, peraih nilai tertinggi. Baru, meminta rekomendasi ke gubernur untuk diteruskan ke pe­me­rintah pusat,” ujarnya.

Setelah melewati proses itu, kata Holan, barulah pi­hak­nya dapat memastikan kapan bupati setempat me­lakukan pelantikan dan pe­ngambilan sumpah jabatan sekda defenitif.  “Perkiraan kapan dilantik, belum pasti. Itu tergantung dari jawaban surat yang kita sampaikan. Jika dalam seminggu ini surat itu turun, pelantikan Sekda baru secepatnya dilakukan,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Pa­sa­man Yusuf Lubis mengaku telah menerima laporan dari pansel, beberapa hari lalu. Ia memaparkan, tiga nama yang dipilih oleh pansel sesuai dengan surat pengumuman Pansel JPT Pratama yang su­dah diedarkan ke masya­rakat.

Bahkan, bupati menye­but­kan sudah mengirimkan na­ma calon sekda itu kepada Gu­bernur Sumbar Irwan Pra­yitno, di Padang. Namun, Ia enggan menyebutkan nama tersebut. “Tunggu saja tang­gal mainnya yah. Jika sudah waktunya akan kita umum­kan siapa nama sekda de­fenitif Kabupaten Pasaman ke­ de­pan,” katanya. (h/mg- yud)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 24 September 2016 - 03:13:31 WIB

    Pansel Jaring Tiga Nama Calon Sekda Agam

    Pansel Jaring Tiga Nama Calon Sekda Agam Agam, Haluan — Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agam, Drs. Fauzir akhirnya tersingkir sebagai calon Sekda Kabupaten Agam setelah melalui seleksi oleh panitia seleksi..
  • Ahad, 07 Juni 2015 - 20:34:32 WIB

    Kandidat Gelisah, Pansel Kalang Kabut

    solok, haluan — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Solok, secara resmi telah membuka pendaftaran bagi bakal calon walikota dan wakil walikota sejak Rabu (3/6) lalu. Namun karena pengurus t.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]