KPU Sumbar Dikucuri Dana Rp1,1 M


Kamis, 13 Oktober 2016 - 02:03:01 WIB

PADANG, HALUAN — Guna mendukung pelaksanaan Pil­ka­da serentak di Kabupaten Ke­pulau­an Mentawai dan Kota Payakumbuh, KPU Sumbar di­ku­curi anggaran Rp1,1 miliar dari APDB Perubahan tahun 2016. KPU Sumbar diharapkan berperan aktif, dan meng­guna­kan anggaran sebaik mungkin.

Anggota Komisi I DPRD Sumbar Sitti Izzati Aziz ber­harap, dengan anggaran yang ada kualitas pelaksanaan Pil­kada di dua daerah bisa lebih meningkat. “Belajar dari pelak­sanaan Pilkada yang sudah-sudah, beberapa hal harus men­jadi perhatian untuk KPU pada Pilkada Mentawai dan Paya­kumbuh nanti. Salah satunya berkaitan dengan sosialisasi. Pilkada nan lalu, tingkat par­tisipasi pemilih terbilang sang­at rendah. Kita berharap hal seperti itu tak terulang pada Pilkada sekarang,” kata Sitti, Rabu (12/10) di Padang.

Sitti menilai sosialisasi tak cukup hanya dilakukan melalui spanduk, papan blioboard atau poster saja. Namun juga harus dengan turun secara langsung ke lapangan. Kemudian perang­kat pemerintahan terendah seperti halnya nagari dan keca­matan diminta turut dilibatkan.

Melalui berbagai langkah tadi masyarakat dinilai akan bisa tahu pentingnya memilih dan menjatuhkan pilihan pada orang yang tepat. Terkait ang­garan lebih kurang satu miliar yang telah disetujui, ia meminta KPU memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain so­siali­sasi, hal lain seperti  persiapan atau monitoring diminta juga diakomodir dengan baik.

Sitti menambahkan, KPU provinsi di sini sifatnya hanya mendampingi. Ini karena KPU kabupaten/kota juga akan men­yiap­kan anggaran. “Meski tang­gungjawab tak sepenuhnya berada pada mereka, kita tetap menghimbau pada KPU Pro­vinsi agar bisa melaksanakan tanggungjawab mereka dengan sebaik-baiknya,” ujar Sitti.

Ketua DPRD Sumbar, Hen­dra Irwan Rahim saat paripurna penetapan APBD-P beberapa waktu lalu mengatakan, dengan ditetapkannya anggaran hibah KPU sebesar Rp1,1 miliar, pro­ses pelaksanaan Pilkada seren­tak di dua daerah diharapkan berjalan sesuai dengan keten­tuan perundang-undangan. “Diminta juga pada KPU Pro­vinsi Sumbar agar menyam­paikan laporan setiap tahapan Pilkada tersebut ke DPRD,” kata Hendra. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]