TETAP CAIR, TAPI TAK BISA DIGUNAKAN

Anggaran DAU Dipastikan Sia-sia


Kamis, 13 Oktober 2016 - 02:03:26 WIB

PADANG, HALUAN —  Penun­daan Dana Alokasi Umum (DA­U) sebesar Rp228 miliar dari pusat diakui berpengaruh pada pembangunan infrastruktur di Sumbar. Meski ada ke­mung­kinan satu bulan DAU akan dicairkan, anggaran tetap tak bisa digunakan.

“Kalau mau jujur, penun­daan DAU itu memang ber­pengaruh. Pengaruh terbesar adalah terhadap pembangunan infrastruktur,” ujar Ketua Ko­misi IV DPRD Sumbar, Marlis dihubungi kemarin (12/10).  

Marlis menuturkan, penun­daan Rp200 miliar lebih Dana Alokasi Umum (DAU) oleh pu­sat benar-benar jadi tan­tangan bagi pemerintah daerah untuk merealisasikan APBD Peru­bahan 2016.  Namun demi­kian pe­me­rintahan daerah akan mengu­paya­kan semua bisa berjalan dengan sebaik-baiknya.

Meski banyak anggaran yang dipotong, pihaknya me­minta pada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) un­tuk tetap semangat dalam be­kerja. Marlis mengimbau se­mua SKPD bisa memaklumi kondisi yang ada dan sejalan dengan sikap pemerintah daerah soal semangat APBD. Yaitunya le­bih hemat dan efesien. Dikatakan, mayoritas anggaran yang di­potong akibat ditundanya DAU adalah kegiatan yang belum dilelang dan sedang dievaluasi.

Untuk yang dievaluasi salah satunya adalah pengerjaan jalan Provinsi antara Agam – Limapuluh Kota. Kontraknya sudah habis, namun bobot tak rampung 100 persen. Pihak kontraktor sudah dipanggil, dan mereka berjanji meram­pungkan saat masa denda 25 hari kerja. “Ini akan dikawal Komisi IV. Bagaimana ini siap, jika tidak maka kita minta diputuskan, bayar denda dan diblacklis, sesuai ketentuan,” tegas dia.

Untuk proyek-proyek lain, Marlis meminta pengerjaannya dipacu agar fisiknya siap sesuai ketentuan, sebelum akhir De­sem­ber mendatang. Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar, Hen­dra Irwan Rahim menyebut, telah ada angin segar dari peme­rintah pusat terkait DAU. Ke­mung­kinan satu bulan DAU senilai Rp57 miliar bisa cair Desember mendatang. “Kita sudah konsultasi ke Kemen­dagri. Mereka janji mem­beri­kan dana DAU sebulan dulu, yakni sebesar Rp57 miliar Desember tahun sekarang,” ujar Hendra. 

Kendati demikian, ia me­negas­kan, dana sebulan DAU tadi belum bisa digunakan pada tahun ini. Semua karena te­r­batasnya waktu. Otomatis dana Rp57 miliar itu hanya bisa digunakan untuk APBD Tahun 2017. (h/len)


Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]